PEMBAHARUAN KELEMBAGAAN PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM: TANTANGAN DAN PELUANG DALAM ERA MODERNISASI

  • Hendra Hendra Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ishomuddin Ishomuddin Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
  • Faridi Faridi Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia
Keywords: Pembaharuan Kelembagaan, Tantangan, Peluang

Abstract

Tantangan dan peluang yang dihadapi oleh perguruan tinggi keagamaan Islam dalam menghadapi era modernisasi. Perguruan tinggi keagamaan Islam di Indonesia perlu melakukan pembaruan kelembagaan agar dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnya. Beberapa tantangan yang dihadapi antara lain kurikulum yang belum dikembangkan berdasarkan landasan sejarah dan khazanah keilmuan IHE, paradigma keilmuan yang cenderung dikotomis, dan kendala administratif dan birokratis dalam transformasi institusi. Selain itu, perguruan tinggi keagamaan Islam perlu mengembangkan budaya multikultural yang inklusif dan mendorong toleransi antar mahasiswa dengan latar belakang agama dan pemahaman yang berbeda. Artikel ini juga membahas strategi yang dapat dilakukan oleh perguruan tinggi keagamaan Islam untuk memperkuat kelembagaan, seperti membangun budaya organisasi kompetitif, mempertimbangkan strategi pemasaran yang tepat, dan memperhatikan faktor internal dan eksternal lembaga dalam menentukan strategi keunggulan daya saing. Pembaruan kelembagaan perguruan tinggi keagamaan Islam diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia.

References

Ali, Nur. “Paradigma Kurikulum Program Studi Umum Pada Perguruan Tinggi Agama Islam.” Madrasah, 2012, 173–86. https://doi.org/10.18860/jt.v0i0.2185.
Amin, Muhammad, Sugiatno Sugiatno, and Irwan Fathurrochman. “Pengembangan Keilmuan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Tinjauan Futurologi Pendidikan Dan Pengembangan Kurikulum.” Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan 3, no. 2 (2019): 199. https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1212.
Arbi, Arbi, Imam Hanafi, Munzir Hitami, and Helmiati Helmiati. “Model Pengembangan Paradigma Integrasi Ilmu Di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.” Profetika: Jurnal Studi Islam, 2019, 1–15. https://doi.org/10.23917/profetika.v20i1.8943.
As’ad. “TRANSFORMASI PERGURUAN TINGGI ISLAM: STRATEGI KEUNGGULAN DAYA SAING MENUJU WORLD CLASS UNIVERSITY,” 2014, 34–50.
Basyar, Syaripudin. “PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI: Antara Konsepsi Dan Aplikasi.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 8, no. 1 (2018): 1. https://doi.org/10.24042/alidarah.v8i1.3075.
cholisyah ayu. “Pendidikan Agama Islam Di Era Globalisasi Ini.” Pendidikan Agama Islam 01, no. 01 (2022): 15.
Fahmi, Indra. “Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta.” In Book Chapter, 191–200, 2018.
Fatmasari, Dewi. “MEMBANGUN COMPETITIVE ADVANTAGE PERGURUAN TINGGI MELALUI STRATEGI STRATEGI BAURAN PEMASARAN,” 2008, 282.
Haryanto, Budi. “Strategi Perguruan Tinggi Swasta Berbasis Agama Membangun Budaya Organisasi Untuk Meraih Keunggulan Kompetitif.” Halaqa: Islamic Education Journal 3, no. 1 (2019): 67–73. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2119.
Hasbiyallah, Hasbiyallah, Moh. Sulhan, Heri Khoiruddin, and Undang Burhanudin. “UIN, STUDI ISLAM DAN ARAH BARU ISLAM INDONESIA Penelitian Pada UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.” Jurnal Ilmiah Islam Futura 18, no. 2 (2019): 298. https://doi.org/10.22373/jiif.v18i2.3455.
Kartowagiran, Badrun. “Evaluasi Dan Pengembangan Kurikulum.” Workshop Evaluasi Kurikulum STAB N RADEN WIJAYA, 2013, 1–11.
Kurniadi, Mochammad Danu, and Biyanto Biyanto. “Strategy to Build Competitive Advantage of Islamic Higher Education at an University in Surabaya.” Academia Open 6 (2021): 1–13. https://doi.org/10.21070/acopen.6.2022.1814.
Latifah, Nur. “Pendidikan Islam Di Era Globalisasi.” Palapa 5, no. 1 (2017): 196–208. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i1.80.
LK, Study Rizal, Kholis Ridho, Helmi Hidayat, and Karbala Madania. “Kontribusi Dan Tipologi Kajian Keislaman Dosen UIN Jakarta Sebagai Kampus Pembaharu: Studi Kasus Sitasi Google Scholar Periode 1960-2018.” Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah Dan Kemasyarakatan 27, no. 1 (2023): 45–68. https://doi.org/10.15408/dakwah.v27i1.33328.
Mekawati, Nurul Oktaviana, Herianto Herianto, and Messiono Messiono. “Evaluasi Manajemen Dalam Lembaga Pendidikan Tinggi.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 23, no. 2 (2023): 1348. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i2.3362.
Mirfani, Aceng Muhtaram, Cicih Sutarsih, and Elin Rosalin. “Strategi Dan Hasil Kompetisi Perguruan Tinggi.” Jurnal Administrasi Pendidikan 9, no. 1 (2017): 182–97. https://doi.org/10.17509/jap.v14i1.6721.
Ni’am, Syamsun. “Menimbang Kembali Pendekatan Kajian Keislaman Di Perguruan Tinggi Agama Islam.” Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam 11, no. 2 (2011): 349. https://doi.org/10.21154/al-tahrir.v11i2.39.
Safira, Syifa, Fatihatus Solihah, Devia Aini, Nur Syiffa, H E Syarifudin, Universitas Islam, Negeri Sultan, Maulana Hasanuddin, Info Artikel, and Kata Kunci. “Pendidikan Islam Dalam Era Globalisasi.” HUMANTECH Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia 2, no. 7 (2023).
Saifullah. “REFORMULASI PARADIGMA KAJIAN KEISLAMAN DI PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM ( PTAI )” 10 (2012): 201–14.
Sari, Elly Kartika. Manajemen Strategik Dalam Membangun Keunggulan Kompetitif (Competitive Advantages) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri/Swasta Di Samarinda (Studi Multikasus Pada IAIN Samarinda Dan Universitas Nahdatul Ulama Kalimantan Timur), 2019.
Shabir U., M. “Kebijakan Pemerintah Dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Islam Di Indonesia.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 16, no. 2 (2016): 166–77. https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n2a4.
Shaw, K E. Higher Education in the Gulf: Problems and Prospects. Exeter Arabic and Islamic Studies. University of Exeter, 1997.
Sormin, Darliana, Mursal Aziz, Samsidar Samsidar, Muksana Muksana, Mira Rahmayanti, and Maesaroh Maesaroh. “Inovasi Pembaharuan Pendidikan Muhammadiyah.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 11, no. 02 (2022): 683–700. https://doi.org/10.30868/ei.v11i02.2357.
Suhennan, Wawan S. “PEMANFAATAN HASIL EVALUASI PERKULIAHAN UNTUK PERBAlKAN MUTU PERGURUAN TINGGI.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 1, no. 1 (2003): 105–24.
Tibi, B. Islam’s Predicament with Modernity: Religious Reform and Cultural Change. Taylor & Francis, 2009.
———. Islam And The Cultural Accommodation Of Social Change. Taylor & Francis Limited, 2022.
Umam, Aguswan Khotibul. “PIMPINAN LEMBAGA PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM (PTKI) VISIONER DAN ORIENTASI TOTAL QUALITY SEBAGAI LOKOMOTIF KESIAPAN PTKI DALAM MENYONGSONG MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA),” 2016, 282.
Yahya, Amiruddin. “Dinamika Lembaga Pendidikan Tinggi Islam Di Indonesia.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 41, no. 1 (2017): 98–117. https://doi.org/10.30821/miqot.v41i1.314.
Zebar, Abdul, Muhammad Irsan Barus, and Candra Wijaya. “Berguru Islam Ke Barat Dan Pengembangan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Di Indonesia.” Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial 11, no. 1 (2019): 105. https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i1.12513.
Zulhijra, Irja Putra Pratama dan. “REFORMASI PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA” 1 Nomor 2 (2019): 117–27.
Published
2023-12-28
How to Cite
Hendra, H., Ishomuddin, I., & Faridi, F. (2023, December 28). PEMBAHARUAN KELEMBAGAAN PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM: TANTANGAN DAN PELUANG DALAM ERA MODERNISASI. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 7(2), 157-171. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/tadjid.v7i2.2430
Section
Artikel