DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN DARING DI PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH DAN SEKOLAH DASAR DI KOTA BIMA

  • Dewi Sartika Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima
Keywords: Pandemi Covid-19, Pembelajaran Daring

Abstract

Pandemi Covid-19  telah melanda seluruh dunia yang menyebabkan semua sektor  berdampak menurun, baik pada sektor pendidikan, sektor ekonomi, maupun pada sektor industri. Sektor pendidikan menjadi salah satu sektor yang sangat berdampak mulai dari tingkat anak Usia dini sampai pada tingkat pendidikan tinggi, salah satu upaya yang telah dilakukan pemerintah untuk mengurangi rantai penularan yaitu lockdown dan pembatasan berskala besar (PSPB) dan juga dengan cara lainnya, seperti  salah satunya penutupan sementara lembaga pendidikan di semua daerah. Penutupan sementara lembaga pendidikan  sebagai salah satu upaya untuk memutuskan mata rantai penyebaran covid-19, sehingga proses pembelajaran dialihkan menjadi proses pembelajaran secara dalam jaringan (Daring). Proses pembelajaran secara daring ini menyebabkan siswa, guru dan orang tua menggalami berbagai dampak dan kendala, diantaranya fasilitas yang tidak memadai, proses pembelajaran yang serba terbatas, penyampaian materi yang tidak maksimal, interaksi antar siswa, guru dan komponen lainnya serba terbatas. Tujuan dari tulisan ini untuk mengetahui dampak dan kendala yang dihadapi guru dan siswa terhadap pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar di Kota Bima. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dampak pembelajaran daring pada siswa yaitu motivasi belajar siswa semakin rendah, sehingga berdampak pada rendahnya prestasi belajarnya, masih banyak siswa yang belum bisa baca terutama pada kelas awal di Sekolah Dasar maupun Madrasah Ibtidaiyah pada 2 tahun terakhir ini. Selain itu ada beberapa kendala yang dialami oleh guru, siswa dan orang tua dalam proses belajar daring antara lain adalah fasilitas yang tidak memadai, pengetahuan tentang pemanfaatan teknologi masih kurang, masih banyak orang tua yang belum punya fasilitas teknologi seperti HP android, komputer yang terkoneksi jaringan internet yang tidak memadai.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-06-28
How to Cite
Sartika, D. (2021) “DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA PEMBELAJARAN DARING DI PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH DAN SEKOLAH DASAR DI KOTA BIMA”, Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 18(2), pp. 226-238. doi: https://doi.org/10.52266/kreatif.v18i2.682.
Section
Jurnal