KETELADANAN GURU DAN PENDIDIKAN DALAM KELUARGA TERHADAP KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI MTs PONDOK PESANTREN AL-HUSAINY KOTA BIMA

  • Farizal Marliu
  • Otong Surasman
  • Taufan Taufan
Keywords: Keteladan, Pendidikan Keluarga, Kepribadian Muslim.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan data empiris yang terkait dengan teladan guru dan kepribadian pendidikan siswa muslim secara terpisah atau bersama-sama. Penulis menggunakan metode survey data kuantitatif korelasional yang diperoleh dari siswa Madrasah Tsanawiyah/MTs Pondok Pesantren Al-Husainy Kota Bima, NTB. Sampel penelitian sebanyak 120 responden tahun ajaran 2017-2018.Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan kuesioner.Jenis analisis ini menggunakan analisis korelasi dan regresi dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian, pengaruh yang signifikan antara kepribadian guru-siswa teladan Muslim ditunjukkan oleh besarnya koefisien korelasi dan koefisien determinasi berarti bahwa setiap peningkatan satu unit skor keteladanan guru mempengaruhi peningkatan Skor Kepribadian Siswa muslim. Ada pengaruh yang signifikan antara Pendidikan dalam Keluarga dengan Kepribadian Muslim, yang berarti bahwa setiap peningkatan dalam satu unit Pendidikan dalam Skor Keluarga mempengaruhi peningkatan skor Kepribadian Muslim sebesar 0,360, itu berarti bahwa setiap peningkatan dalam satu unit nilai pendidikan dalam keluarga mempengaruhi peningkatan skor lepribadian muslim siswa. Ada pengaruh signifikan yang ditunjukkan nilai probabilitas. Nilai koefisien korelasi kedua variabel adalah 0,633 dan koefisien determinasi adalah 40,1%, yang berarti bahwa peningkatan satu unit skor dari model guru dan pendidikan di keluarga bersama-sama meningkatkan skor kepribadian siswa.

References

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Edisi ke II.1994.
Djamarah, Bahri Syaiful. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukasi. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Fitrah, Muh. dkk. Metodologi Penelitian; Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Bandung: CV Jejak, 2017.
Fitrah, Muh & Hendra. Pengelolaan Kelas dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Manggu Publisher, 2019.
Jalaluddin.Teologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
M Usman Najati. Al-Qur’an Dan Ilmu Jiwa.Bandung: Pustaka, 1997.
Marimba, D. Ahmad. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: PT Al-Ma'arif, 1980.
Miri Jamaluddin. Pendidikan Anak dalam Islam. Jakarta Pustaka Amani, 2002.
Mukhotim El Moekry. Membina Anak Beraqidah Kokoh. Jakarta: Wahyu Press, 2004.
Purwanto, Ngalim. Ilmu Pendidikan: Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Karya, 1988.
Qomar, Mujamil. Meniti Jalan Pendidikan Islam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Ulwan, NashihAbdullah. Pendidikan Anak Dalam Islam. Jakarta: Pustaka Amani, 1995.
Umar, Umar. Pengantar Profesi Keguruan. Rajawali Press, 2019.
Zuhairini dkk. Filsafat Pendidikan Islam.Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Published
2020-06-06
How to Cite
Marliu, F., Surasman, O., & Taufan, T. (2020, June 6). KETELADANAN GURU DAN PENDIDIKAN DALAM KELUARGA TERHADAP KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI MTs PONDOK PESANTREN AL-HUSAINY KOTA BIMA. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 4(1), 29-40. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/tadjid.v4i1.324
Section
Artikel