KOMPARASI PEMIKIRAN TEOLOGI K.H HASYIM ASY`ARI DAN K.H AHMAD DAHLAN

  • SULTAN GHOLAND ASTAPALA UIN BENGKULU
Keywords: Komparasi Pemikiran Teologi. KH. Hasyim Asy Ari dan K.H Ahmad Dahlan

Abstract

Artikel ini bermaksud mengkaji ulama ternama di Indonesia KH. Ahmad Dahlan dan KH. Hasyim Asy'ari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan. KH. Ahmad Dahlan mengatakan teol ogi terbagi menjadi tiga. Yang pertama dan terpenting, Keyakinan yang membahas tentang kesurgawian hendaknya terlihat dari nalarnya bahwa ia boleh saja tanpa membahas masalah agama, karena cukuplah ia beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua, Islam, Ahmad Dahlan secara umum menyinggung Al-Qur'an dan Sunnah, bagi Ahmad Dahlan tidak ada sumber hukum yang lebih hakiki selain Al-Qur'an, selain itu Ahmad Dahlan tidak mengabaikan proporsi. Ketiga, Ihsan, Ahmad Dahlan merupakan ahli tasawuf amali, hal ini terlihat dari amalan yang dilakukannya. Sedangkan KH. Hasyim Asy'ari menyatakan, ada tiga derajat tauhid atau keesaan Allah yang harus dipahami setiap umat Islam. Yang pertama adalah derajat pujian terhadap keesaan Tuhan. Kedua, informasi dan pemahaman tentang keesaan Tuhan. Ketiga, keakraban dzaq dengan juri yang tiada tara atau Al-Haq.

References

Hamsah, Muhammad, Nurchamidah Nurchamidah, and Rasimin Rasimin. “PEMIKIRAN PENDIDIKAN K.H. AHMAD DAHLAN DAN RELEVANSINYA DENGAN DUNIA PENDIDIKAN MODERN.” Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam 7, no. 2 (November 30, 2021)
Published
2023-12-12
How to Cite
ASTAPALA, S. (2023, December 12). KOMPARASI PEMIKIRAN TEOLOGI K.H HASYIM ASY`ARI DAN K.H AHMAD DAHLAN. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 7(2), 41-56. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/tadjid.v7i2.2225
Section
Artikel