Implementasi Pembelajaran PAI Elemen Al-Quran Hadis Integratif Berbasis Project Based Learning di SMP

  • Afrina Yesi Gusman Mahasiswa
Keywords: Implementasi, pembelajaran integrative, Project Basic Learning

Abstract

Pendidikan Agama Islam memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter dan moral generasi muda. Dalam lembaga dunia pendidikan Pendidikan Agama Islam (PAI) dijadikan sebagai mata pelajaran di setiap jenjang pendidikan yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Salah satu pendekatan inovatif yang semakin diterapkan dalam pembelajaran PAI ditingkat SMP adalah pendekatan integrative berbasis Project Basic Learning (PjBL). Salah satu elemen utama dalam pendekatan ini adalah penggunaan Al-Quran dan Hadis sebagai pedoman inti, yang digabungkan dengan prinsip-prinsip proyek berbasis pembelajaran. Dalam konteks pembelajaran PAI, PjBL memungkinkan siswa untuk menggali makna Al-Quran dan Hadis dalam situasi kehidupan nyata. Implementasi pembelajaran PAI berbasis PBL dengan elemen Al-Quran dan Hadis ini membawa manfaat ganda. Pertama, siswa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang agama Islam, Kedua, mereka mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kerjasama, dan pemecahan masalah, yang akan berguna dalam kehidupan mereka di masa depan. Artikel ini merupakan penelitian kualitatif yaitu menggunakan teknik analisis deskriptif melalui penelitian kepustakaan (library research). Literatur yang ditinjau terdiri dari buku-buku dan artikel  penelitian yang diterbitkan sehubungan dengan Implementasi Pembelajaran PAI Elemen Al-Quran Hadis Integratif Berbasis Project Based Learning di SMP.

References

A., Majid. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Rosdakarya, 2013.
A, Saefudin, dan Berdiati I. Pembelajaran Efektif. Bandung: PT. Remaja Roskadarya, 2014.
Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Cet. VII. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
I, Syafri. Pembinaan Sikap Inklusif Melalui Pembelajaran Al-Quran Hadits di MAN I Yogyakarta. Yogyakarta: AE Publishing, 2022.
K., Bisri. Rencana Pelaksanaan dan Evaluasi Pendidikan Islam Perspektif Hadits : Seri Antologi Pendidikan Islam. Jakarta: Nusa Media, 2021.
Komang R. dkk., Mayuni. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Hasil Belajar IPA,” 2019.
M., Fathurrohman. Pembelajaran Inovatif : Alternatif Desain Pembelajaran yang Mennyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group, 2016.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2 Tahun 2008. Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab si Madrasah, t.t.
Pudjiani, Tatik, dan Bagus Mustakim. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum dan asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 2021.
R., Adawiyah. Peran Literasi Digital dalam Pembelajaran Al-Quran Hadis. Bojong: PT. Nasya Expanding Management, 2022.
Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Cet. VI. Jakarta: Kalam Mulia, 2010.
Sardiman, AM. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012.
Suryadi, Rudi Ahmad, dan Sumiyati. Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMP Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, 2021.
Suryatini, Lis. Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX SMP. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2019.
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Published
2023-09-06
How to Cite
Gusman, A. (2023, September 6). Implementasi Pembelajaran PAI Elemen Al-Quran Hadis Integratif Berbasis Project Based Learning di SMP. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 7(2), 12-27. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/tadjid.v7i2.2175
Section
Artikel