METODE PENGAJARAN DALAM PERSPEKTIF Al-QURAN (TINJAUAN Q.S. AN-NAHL AYAT 125)

  • Nasaruddin Nasaruddin IAI Muhammadiyah Bima
  • Fathani Mubarak IAI Muhammadiyah Bima
Keywords: Metode, Pengajaran, Tafsir Tarbawi, An-Nhal 125.

Abstract

Al-Qur’an sebagai kitab suci umat Islam merupakan sumber rujukan paling utama, tentunya di dalam al-Qur’an juga memuat nila-nilai pendidikan dan metode pengajaran untuk memberikan kemudahan kepada pengajar dan peserta didik. Tulisan ini bertujuan untuk mendapatkan dan mengkaji Metode pengajaran dalam perspektif al-Quran (tinjaun QS. An-Nahl ayat 125). Dan dapat memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan, baik itu untuk para pembaca terlebih husus bagi para pendidik dan kaum cendikiawan. Metodelogi penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah penelitian kepustakaan (library research). atau studi teks yakni pengumpulan data dapat dilakukan melalui pencarian literatur ilmiah secara sistematis pada artikel-artikel, buku-buku, dan dokumen yang membahas secara signifikan dan memiliki keterkaitan dengan tema penelitian. Metode pengajaran dalam QS. An-nahal ayat 125 yakni metode hikmah (perkataan yang bijak), metode mau’idhzah hasanah (nasehat yang baik), dan metode jidal (debat).

References

Abuddin Nata. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2010.
Bustani A. Ghani dkk. Penjabaran Al-Quran Ayat Pilihan. Semarang: PT Citra Effhar, 2013.
Hamka. Tafsir Al-Azhar. Jakarta: Pustaka Panjimas, 1992.
Kementerian Agama RI. Al-Qur’an Dan Terjemahnya. Jakarta: PT. Sinergi Pustaka Indonesia, 2012.
Lilik Binti Mirnawati. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kreativitas Mahasiswa Semester I PGSD UM Surabaya Pada Mata Kuliah Pengantar Manajemen Pendidikan.” Pedagogia: Jurnal Pendidikan 6, no. 1 (2017).
M. Quraish Shihab. Tafsir Al-Misbah. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
———. Tafsir Al-Mishbah, Pesan, Kesan Dan Keserasian al-Qur’an. IV. 6. Jakarta: Lentera Hati, 2011.
Moh. Haitami Salim. Pendidikan Agama Dalam Keluarga. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Muhammad Fajrin. “Metode Pendidikan Dalam QS. An-Nahl Ayat 125 (Telaah Pemikiran Quraish Shihab Dalam Tafsir Al-Misbah).” Skripsi, UIN Alauddin Makassar, 2017.
Muhammad Nasib Ar-Rifa’i. Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir. Jakarta: Gema Insani, 2010.
Muhammad Zakir. “Metode Mengajar Dalam Pendidikan Islam (Kajian Tafsir Tarbawi).” Serambi Tarbawi: Jurnal Studi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam 5, no. 2 (2016).
Munzier Suparta and Harjani Hefni. Metode Dakwah. Jakarta: Rahmat Semesta, 2006.
Nurina Nasution. “Metode Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Al-Quran Surah An-Nahl Ayat 125.” Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, n.d.
Ramayulis. Metode Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2005.
Syahza, Almasdi. Buku Metodologi Penelitian, Edisi Revisi Tahun 2021, 2021.
Wahbah Al-Zuhaeli. Tafsir Munir,. Damasqus: Darul Fikri, 1991.
Zain Fannnani. “Tafsir Surat An-Nahl Ayat 125 (Kajian Tentang Metode Pembelajaran).” Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah, 2014.
Published
2022-10-30
How to Cite
Nasaruddin, N., & Mubarak, F. (2022, October 30). METODE PENGAJARAN DALAM PERSPEKTIF Al-QURAN (TINJAUAN Q.S. AN-NAHL AYAT 125). TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(2), 135-148. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i2.1190
Section
Artikel