PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA ANAK USIA DINI

  • Sri Jamilah Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima
  • Lukman Lukman Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima
  • Asfiati Asfiati
Keywords: Pendidikan Multikultural, Anak Usia Dini.

Abstract

Pendidikan Multikultural menjadi diskusi menarik khususnya dalam sistem pendidikan Indonesia, khususnya yang berhubungan dengan pendidikan Anak Usia Dini. Namun lebih dari pada itu semua, pendidikan multikultural dalam konteks ke Anak Usia Dini menjadi sangat penting, setidaknya sebagai solusi alternatif terhadap berbagai bentuk perilaku tindak kejahatan kemanusiaan yang dilatar belakangi oleh perbedaan kelompok, ras, etnik, agama dan budaya. Pendidikan multikultural untuk anak usia dini dihadirkan untuk memberikan corak warna alternatif solusi lain untuk membangun watak dan karakter bangsa dengan upaya membentuk, membiasakan, menanamkan nilai-nilai toleran, demokrasi, kesetaraan dan keadilan, sehingga melahirkan sikap saling meghormati menghargai sejak usia dini terhadap seluruh bentuk perbedaan yang ada dilingkungannya.

Published
2021-10-11
How to Cite
Jamilah, Sri, Lukman Lukman, and Asfiati Asfiati. 2021. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3 (2), 16-28. Accessed October 14, 2024. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/pelangi.v3i2.679.
Section
Articles