PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL QUR’AN DAN MUFRADAT DASAR PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE TALLAQI

  • Septyana Tentiasih Institut Islam Studies Muhammadiyah Pacitan
  • Ahmadi Ahmadi Institut Islam Studies Muhammadiyah Pacitan
Keywords: Pembelajaran Menghafal Al-Qur’an, Mufradat Dasar, Anak Usia Dini, Metode Tallaqi

Abstract

Menghafal Al-Qur’an merupakan pembelajaran yang dapat dilakukan diberbagai kalangan usia. Anak usia dini merupakan anak yang berusia 0 sampai 8 tahun. Usia dini merupakan usia emas dalam pembentuka karakter dan akhlak pada anak. Pembekalan hafalan Al-Qur’an sejak dini dapat digunakan sebagai bekal dan pegangan anak dalam menghadapi tantangan di dunia ini. Hafalan Alqur'an adalah pembelajaran yang dapat dilakukan pada kelompok umur yang berbeda. Metode ini dapat dilakukan dalam pelatihan formal dan non-formal, bahkan dapat terjadi di rumah. Kerugian dari metode ini tidak digunakan pada banyak siswa. Pembelajaran menghafal Al-Qur’an dan Mufradat dasar menggunakan metode tallaqi dimana seorang guru atau orangtua merupakan sentral dalam menghafal. Seorang guru atau orangtua membaca ayat Al-Qur’an dan Mufradat secara berulang-ulang kemudian anak atau murid menirukan sambil menghafalnya. Kelebihan metode tallaqi adalah adanya kedekatan secara emosional antara guru dan murid dalam pembelajaran menghafal sekaligus meniru. Selain itu, dalam metode ini satu orang guru hanya dapat memegang satu atau dua anak saja, jadi memudahkan seorang guru untuk mengoreksi bacaan Al-Qur’an dan Mufradat dasar ketika menghafal sangat mudah untuk di praktekkan. Kelemahan dari metode ini adalah tidak dapat diterapkan dalam murid yang jumlahnya banyak.

Published
2021-10-06
How to Cite
Tentiasih, Septyana, and Ahmadi Ahmadi. 2021. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini 3 (2), 1-15. Accessed October 14, 2024. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/pelangi.v3i2.672.
Section
Articles