PENGARUH METODE FINGERMATHIC TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI

  • Muthia Syah Riva UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aam Kurnia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Arif Nursihah
Keywords: Metode Fingermathic,Kemampuan Berhitung, Anak Usia Dini.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum berkembangnya kemampuan berhitung anak di RA As-Syifa Bogor Barat Kota Bogor. Hal ini dilihat dari perkembangan kemampuan berhitung anak yang belum mampu membedakan lambang bilangan, belum mampu mencocokan jumlah bilangan dan lambang bilangan, dan belum memahami konsep bilangan mengenai penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain one group pretest posttest. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh harga t hitung 2,152 > t tabel 1,734. Maka hipotesisnya Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode fingermathic terhadap kemampuan berhitung anak di kelompok B RA As-Syifa Bogor Barat Kota Bogor.

References

Adlina, L. M., & Katoningsih, S. (2020). Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/86124
Ahdin, Nurhayati. (2021). Penerapan Metode Jaritmatika dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini 5-6 tahun di RS Al-HidayaH. IAIN Walisongo Seamarang.
Ahmadi, A., Prasetya, J.T. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia
Aritonang, L. A., & Elsap, D. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Jarimatika. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 2(6), 363. https://doi.org/10.22460/ceria.v2i6.p363-369
Janosik, S. M. (2005). Kemampuan Berhitung Anak. NASPA Journal, 42(4), 1.
Khadijah. (2019). Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Kajian Pustaka Skripsi, 17–61. https://eprints.uny.ac.id/66856/3/Bab II.pdf
Kurikulum 2013 pada Permendikbud RI Nomor 146 Tahun 2014
Ninik Sulistyaningasih. (2028). Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Dengan Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual 02: 57-63
Rahmawati, Syukriani, A., & Rosmah. (2011). Teori Belajar Penemuan Brunner dalam Pembelajaran Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3, 9.
Sitto. (2017). Penerapan Metode Jaritmatika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 1 SDN 3 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Huku. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6(1) hal. 146-156
Tanu, I. K. (2019). Penggunaan Metode Mengajar Di Paud Dalam Rangka Menumbuhkan Minat Belajar Anak. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 14–19. https://doi.org/10.25078/pw.v3i2.733
Wicaksana, A dan Tahar Rachman. (2022) Mengembangkan Kecerdasan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi Di TK Al-Azhar Siem Kecamatan Darussalam Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1) hal 62-70.
Published
2024-03-10
How to Cite
Riva, Muthia, Aam Kurnia, and Arif Nursihah. 2024. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini 6 (1), 24-42. Accessed May 4, 2024. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/pelangi.v6i1.2597.
Section
Articles