PEMBELAJARAN TERPADU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SAINS

  • Khairudin Khairudin IAI Muhammadiyah Bima
Keywords: Pembelajaran Terpadu, PAI, dan Sains

Abstract

Pembelajaran PAI dan Sains merupakan suatu model pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan Pendidikan Agama Islam dengan beberapa aspek dalam antar mata pelajaran yang diintegrasikan. Dengan model integratif ini, maka siswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh, sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. Bermakna dalam hal ini mengandung pengertian siswa secara tidak langsung mempelajari dan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan nyata yang menghubungkan antar konsep antar mata pelajaran yang diintegrasikan. Pembelajaran pendidikan agama Islam memberi prioritas pada materi pembelajaran yang akan membantu untuk menghasilkan ilmuan-ilmuan, teknolog-teknolog, dan insinyur-insinyur, serta kelompok profesional lain, yang peran dan kontribusinya sangat penting bagi kemajuan. Pembelajaran terpadu pendidikan agama dan sains menghasilkan atau mendidik ilmuan-ilmuan, insinyur-insinyur, serta teknolog-teknolog “jenis baru” yang terinternalisasi di dalam dirinya kebijakan dan pengetahuan, iman spiritual dan pikiran rasional, kreativitas dan wawasan moral, kekuatan inovatif dan kebaikan etis, serta sensivitas ekologis berkembang sepenuhnya secara harmonis tanpa meruntuhkan kemungkinan bagi mereka untuk mencapai keunggulan dan kegemilangan dalam bidang dan spesialisasi masing-masing

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-26
How to Cite
Khairudin, K. (2024) “PEMBELAJARAN TERPADU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN SAINS”, Kreatif: Jurnal Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 22(1), pp. 62 - 77. doi: https://doi.org/10.52266/kreatif.v22i1.2577.
Section
Jurnal