PERBUATAN MELAWAN HUKUM DALAM KORUPSI PENGADAAN BARANG DAN JASA OLEH PEMERINTAH

  • Taufik Taufik STKIP Taman Siswa Bima
Keywords: Korupsi, Pengadaan Barang dan Jasa, Pemerintah.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis beberapa hal antara lai; (1) Karakteristik Perbuatan Melawan Hukum Dalam Korupsi Pengadaan Barang dan Jasa oleh Pemerintah. (2) Bentuk Kesalahan Dalam Pengadaan Barang dan Jasa Oleh Pemerintah, Penelitian ini menggunakan penelitian hukum normatif. Metode yang digunakan adalah pendekatan perundang-undangan (statuta approach),Pendekatan konseptual (conceptual approach), pendekatan kasus (caseapproach). Hasil penelitian menunjukan bahwasanya; (1) Karakteristik perbuatan melawan hukum dalam korupsi pengadaan barang dan jasa adalah merupakan pelanggaran/perbuatan melawan hukum atas undang-undang secara formiil dan materiil, berdasarkan penjelasan Pasal 2 UU Nomor.31 Tahun 1999 Jo. UU Nomor. 20 Tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi, bahwa tindak pidana korupsi bukan saja perbuatan melawan hukum dari segi formiil namun juga merupakan melawan hukum materiil, namun penjelasan Pasal 2 tersebut, sudah dibatalkan oleh MK. (2) Bentuk kesalahan dalam Pengadaan barang dan Jasa Pemerintah,terletak pada 3 (tiga) aspek yakni: 1. Aspek Hukum Administrasi, 2. Aspek Hukum Perdata dan Aspek Hukum Pidana. 

References

Daniel, Elwi. Korupsi: Konsep Tindak PidanA dan Pemberantasannya. Cet. 2; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2012.
Fitriati. Penerapan Ajaran Sifat Melawan Hukum Materil Dalam Perundang-Undangan Tindak Pidana Korupsi Di Indonesia, Tesis Magister Ilmu Hukum UNAND.
Pope, Jeremy. Strategi Pemberantasan Korupsi Elemen Sistem Integritas Nasional, Cet. 2; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2007.
Amiruddin. Korupsi dalam Pengadaan barang dan Jasa Pemerintah,Cet. 1; Yogyakarta: Genta Publishing,Yogyakarta, 2010.
Undang-undang Nomor.31 tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
Undang-undang Nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi
Published
2020-10-20
How to Cite
Taufik, T. (2020, October 20). PERBUATAN MELAWAN HUKUM DALAM KORUPSI PENGADAAN BARANG DAN JASA OLEH PEMERINTAH. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 4(2), 184-193. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/tadjid.v4i2.521
Section
Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan