INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER, REVOLUSI MENTAL DAN NILAI-NILAI BUDAYA BIMA

  • Edy Suparjan STKIP Taman Siswa
  • Nurnaningsih Nurnaningsih STKIP Taman Siswa
Keywords: Integrasi, Pendidikan Karakter, Nila Budaya Bima.

Abstract

Pendidikan karakter merupakan orientasi akhir dari penyelenggaran penddikan baik pada jenjang pendidikan formal, non-formal,dan in-formal. Pengembangan pendidikan karakter juga menjadi matarantai yang tidak terpisahkan teramsuk dalam rumusan pengembangan kurijkulum nasional. Disisi lain, pengembangan pendidikan karakter juga merupakan hasil rumusan integrasi dari berbagai aspek kehidupan social masyarakat mulai dari adat-istiadat, pandangan kebudayaan dan proyeksi capaian pendidikan nasional sehingga menjadi satu kesatuan integratif dalam menyelenggaran pendidikan karakter di lingkup satuan pendidikan. Dalam hal inilah, integrasi pendidikan karakter, revolusi mental dan nilai-nilai budaya Bima penting untuk dipahami agara dapat dijadikan acuan penyelenggaraan pendidikan berbasis budaya Bima bagi seluruh stakeholder dilingkup satuan pendidikan di daerah Bima. Dengan demikian, penguatan intergasi pendidikan karakter dan nilai budaya Bima yang selaras dengan capaian pendidikan nasional diharapkan akan berdampak positif terhadap pembentukan karakter, sikap, dan tingkah laku paripurna seorang anak/siswa dilingkup satuan pendidikan dan dilingkup kehidupan sosialnya.

References

Banda, M. M. Banda. Upaya Kearifan Lokal dalam menghadapi Tantangan Perubahan Kebudayaan. Uinversitas Udayana, https://simdos.unud.ac.id. Diakses tanggal 22 Agustus 2020.
Hasnun, Anwar. 2017. Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Maja Labo Dahu dan Nggusu Waru. Yogyakarta : LkiS, 2017.
Hidayat, Rakhmat. Pengantar Sosiologi Kurikulum. Jakarta : Rajawali Pers, 2011.
Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental
Kemetrian Pendidikan Nasional, Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud, 2010.
Lickona, Thomas. Education For Character; How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books, 1991.
Masnur, Musclih. Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara, 2011.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudyaaan Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti
Pusat Kurikulum Kemetrian Pendidikan Nasional, Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud, 2011.
Republik Indonesia. “Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional” (Cet. V; Jakarta: Sinar Grafika, 2013.
Samani Mushlas & Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : Rosda Karya, 2014.
Susanto Heri. Seputar Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta : Aswaja Presindo, 2014.
Suyanto. Pendidikan Karakter Teori dan Aplikasi. Jakarta : Rineka Cipta, 2010.
Thoib, Ismail Thoib. Wacana Baru Pendidikan. Yogyakarta : Genta Press, 2008.
www.kemendikbud.go.iddiakses pada tanggal 22 Agustus 2020.
Published
2020-10-20
How to Cite
Suparjan, E., & Nurnaningsih, N. (2020, October 20). INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER, REVOLUSI MENTAL DAN NILAI-NILAI BUDAYA BIMA. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 4(2), 159-167. Retrieved from http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/tajdid/article/view/519
Section
Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan