PROFIL GURU IDEAL DALAM PERSPEKTIF AL QUR’AN

  • Idhar Idhar Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Sunan Giri Bima
Keywords: Profil, Guru Ideal, Perspekstif Al-Qur’an

Abstract

Pendidikan sebagai teori berupa pemikiran manusia mengenai masalah-masalah kependidikan dan upaya memecahkannya secara mendasar dan sistematis. Sedangkan pendidikan sebagai praktek merupakan aktivitas manusia mendidik peserta didik untuk mencapai tujuan tertentu yang diidealkan. pembicaraan tentang profil guru ideal pada hakikatnya adalah pembicaraan tentang kompetensi profesional, karena kompetensi guru ideal merupakan paham yang mengajarkan bahwa setiap pekerjaan harus dilakukan oleh orang yang profesional. Orang yang guru ideal adalah orang yang memiliki profesi. Dalam Islam, setiap pekerjaan harus dilakukan secara profesional, dalam arti harus dilakukan secara benar. Hal ini hanya mungkin dilakukan oleh orang yang ahlinya. Apapun jenis profesi yang disandang, hendaknya dilakukan dengan profesional. Profil guru ideal menurut persepektif Al-Qur’an sesungguhnya diambilkan dari adanya pendapat mufasir yang memberikan penekanan paling tidak terdapat empat surah dalam Al-Qur’an. Keempar surah ini, muatanya menjelaskan tipe seorang guru yang ideal dalam mendidik,terutama Ideal dalam ilmu dan kemampuan, sikap, metode dan sebagainya. Adapun jabaran surah dalam Al-Qur’an diantaranya; QS. Al-alaq/96 ayat 1-5, QS. Al-kahf/18 ayat 60-82, QS. An-Naml/27 ayat 15-44, QS. Abasa/80 ayat 1-16. Dari sinilah yang dapat ditarik pemahaman bahwa Al-Qur’an memberikan isyarat pekerjaan itu harus dilakukan secara ideal. Demikian pula dengan profesi guru harus dilakukan secara profesional.

References

Afnibar, Memahami Profesi dan Kinerja Guru. Jakarta: The Minangkabau Foundation, 2005.
Al-Attas, Syed Muhammad al-Naquib. Konsep Pendidikan Islam. Cet. Ke-4. Bandung: Mizan, 1992.
Al-Gazali. Ihya` ‘Ulum ad-Din.Terj. Maisir Thaib dan A. Thaher Hamidy. Medan: Pustaka Indonesia, 1966.
An-Nahlawi, Abdurrahman. Usul al-Tarbiyah al-Islamiyah wa Asalibiha fi al-Baiti wa al-Madrasah wa al-Mujtama’. Beirut: Dar al-Fikr, 1989.
As-Sajastani, Sulaiman bin al-Asy’ats Syidad bin ‘Umaru al-Azdiy Abu Daud. Sunan Abi Daud,Juz 11. India: Mathba’ Naul Kisywar, 1305 H.
As-Suyuti, Jalaluddin. Safwah al-Bayan li al-Ma’ani al-Qur`an.
Dep. Agama RI, Al-Qur`an dan Terjemahnya. Cet. ke-5. Bandung: CV Diponegoro, 2007.
Departemen Agama RI, Al-Qur`an Tajwid dan Terjemah. Cet. I; Solo: ABYAN, 2014.
Echols, John M dan Hassan Shadily. Kamus Inggris-Indonesia. Cet. XX. Jakarta: PT Gramedia, 1992.
Hamka, Tafsir al-Azhar, Juz II. Jakarta: Pustaka Panjimas, 2002.
——-. Tafsir al-Azhar, Juz III. Jakarta: Pustaka Panjimas, 2002.
——-. Tafsir al-Azhar, Juz IV, Cet. 3. Jakarta: Pustaka Panjimas, 2002.
——-. Tafsir al-Azhar, Juz XVII. Jakarta: Pustaka Panjimas, 2001.
Ma’arif, Ahmad Syafii. Peta Bumi Intelektualisme Islam di Indonesi.Bandung: Mizan, 1993.
Mulyasa, E. Menjadi Guru Profesional. Cet. Ke-9. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Mursi, Muhammad Munir. At-Tarbiyat al-Islamiyah: Usuluha wa Tatwiruha fi al-Bilad al-’Arabiyah. Kairo: ‘Alam al-Kutub, 1982.
Nasution, Harun. Falsafat dan Mistisisme dalam Islam. Cet. 7. Jakarta: Bulan Bintang, 1990.
Pidarta, Made, Landasan Kependidikan: Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia,Cet. 2 (Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Praja, Juhaya S. “Paradigma Pengembangan Universitas Islam Negeri (Harapan dan Masa Depan UIN Malang),” dalam A. Malik Fadjar, dkk., Horizon BaruPengembangan Pendidikan Islam Upaya Merespon Dinamika Masyarakat Global. Malang: UIN Malang Press, 2004.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2002.
Shihab, M. Quraish. Tafsir al-Misbah, Volume 7. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
——-. Tafsir al-Misbah, Volume 11. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
Siddik, Dja’far. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Cita Pustaka Media, 2006.
Umar, Umar. Pengantar Profesi Keguruan. Rajawali Press, 2019.
Uno, Hamzah B. Profesi Kependidikan. Cet. 4. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Published
2020-10-20
How to Cite
Idhar, I. (2020, October 20). PROFIL GURU IDEAL DALAM PERSPEKTIF AL QUR’AN. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 4(2), 140-158. Retrieved from http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/tajdid/article/view/518
Section
Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan