PERSEPSI MAHASISWA NON MUSLIM TENTANG PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Kupang)

  • Syarif Idris PS Universitas Muhammadiyah Kupang
Keywords: Mahasiswa Non Muslim, Universitas Muhammadiyah, AIK

Abstract

Penelitia ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait perspektif mahasiswa non muslim tentang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan sebagai basis kajian Islam dan mata kuliah institusi di lingkup Universitas Muhammadiyah Kupang. Penggunaan metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggali sejauhmana cara pandang, cara fikir mahasiswa non Muslim tentang Islam dan Muhammadiyah. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) mayoritas mahasiswa non muslim sangat setuju Islam adalah agama yang toleran. Kesan selama ini Islam adalah agama yang radikal tidak sesuai dengan kenyataan yang peneliti lakukan; (2) keyakinan mereka terhadap tuhan itu satu dan Muhammad saw adalah nabi yang terkahir mayoritas menyatakan sangat setuju hanya, mereka meyakini tentang trinitas. (3) pendapat mereka sangat setuju tentang Universitas Muhammadiyah Kupang adalah perguruan tinggi yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi, perbedaan agama dan suku; (4) organisasi Muahammadiyah adalah organisasi yang inklusif, yang terbuka untuk semua agama, mengajarkan kerukunan antar umat beragama, tidak mengajarkan ajaran radikal dan sangat besar pengaruh dalam menjaga kedauladan NKRI; (5) sangat setuju dengan mata kuliah Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. Menurut mereka AIK  telah memberikan manfaat kepada mereka tentang nilai-nilai Islam dan kemuhammadiyahan yang baik.

References

Achid, Zainudin. Sejarah Universitas Muhammadiyah Kupang. Kupang: tp, 2014.
Arikunto, Suharsimi. Managemen Penelitian. Cet. IV; Jakarta: PT Rineka cipta, 1998.
Azam, Noor Chozin. Teologi Muhammadiyah dan penyelewengannya. Jakarta: Uhamka Press, 2010.
F.N, Rijaludin. Muhammadiyah Dalam Tinjauan Filsafat Islam. Pusat Kajian Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2001.
Harto, Kasinyo. ‘’Rekontruksi Pendidikan Islam’’, dalam Jurnal Pendidikan Islam. Conciencia. No. 2 Volume II, Desember 2002.
Hidayat, Syamsul dan Mahasri Shobahiyah. Studi Kemuhammadiyahan; Kajian Historis, Ideologis dan Organisatoris. Surakarta: Lembaga Pengembangan Ilmu-ilmu Dasar Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009.
Ihsan, Hamdani dan Fuad Ihsan. Filsafat Pendidikan Islam. Cet. III; Bandung: CV.Pustaka Setia, 2007.
Al-Jauziyah, Ibn Qoyyim. Miftah Darus saadah. Beirut: Darul al-Kutub al-ilmiyah, tt, jilid I.
Marimba, Ahamad D. Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: al-Ma’arif, 1989.
Mu’ti, Abdul dan Fajar Riza Ul Haq. Kristen Muhammadiyah, Kovergensi Muslim dan Kristen dalam Pendidikan. Jakarta: Al-Wasat Publishing House, 2009.
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.
Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. XIII; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.
Kamal Pasha dan Ahmad Adabiy. Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam. Yogyakarta: Pustaka SM, 2005.
Abuddin,Nata. Pemikiran Pendidikan Islam dan Barat. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2013.
Haidar, Nasir. Meneguhkan Ideologi Gerakan Muhammadiyah. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang, 2006.
Pranoto, Suhartono W. Teori dan metodelogi Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.
Tumanggor, Rusmin. Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif dalam Penelitian. Jakarta: tp, 2004.
Ramayulis. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2010.
Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Cet. V; Jakarta: Kalam Mulia, 2006.
Rijaludin. Selintas Pandang dakwah dan Politik Muhammadiyyah. Jakarta: Pusat Kajian Islam FAI Uhamka, 2008.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Cet. IV; Bandung: CV. Alfabeta, 2008.
Published
2020-10-20
How to Cite
PS, S. (2020, October 20). PERSEPSI MAHASISWA NON MUSLIM TENTANG PEMBELAJARAN AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN (Studi Kasus di Universitas Muhammadiyah Kupang). TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 4(2), 125-139. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/tadjid.v4i2.517
Section
Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan