PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH: Suatu Kajian Permasalahan dan Solusi Pendidikan Madrasah dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam

  • Ilham Ilham IAI Muhammadiyah Bima
Keywords: Madrasah, Pendidikan Islam, Permaslahan, Solusi

Abstract

Madrasah sebagai basis pendidikan Islam sekarang ini dihadapkan pada persoalan-persoalan yang cukup kompleks, yakni persoalan manajemen, reformasi dan globalisasi menuju masyarakat Indonesia baru. Tantangan yang dihadapi sekarang adalah bagaimana upaya untuk membangun paradigma baru pendidikan Islam, visi, misi, dan tujuan, yang didukung dengan sistem kurikulum, manajemen dan organisasi, metode pembelajaran untuk dapat mempersiapkan manusia yang berkualitas, bermoral tinggi dalam menghadapi perubahan masyarakat global yang begitu cepat, sehingga produk pendidikan Islam tidak hanya melayani dunia modern, tetapi mempunyai pasar baru atau mampu bersaing secara kompetetif dan proaktif dalam dunia masyarakat modern. Oleh karena itu, posisi madrasah dalam menyelenggarakan pendidikan Islam meski melakukan tansformasi diri dalam membangun sitem pendidikanan antara lain; pertama, Membangun sistem pendidikan Islam yang mampu mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas agar mampu mengantisipasi kemajuan IPTEK untuk menghadapi tantangan dunia global menuju masyarakat Indonesia baru yang dilandasi dengan nilai-nilai ilahiyah, kemanusia (insaniyah), dan masyarakat, serta budaya. Kedua, Menata manajemen pendidikan Islam dengan berorientasi pada manajemen berbasis sekolah agar mampu menyerap aspirasi masyarakat, dapat mendayagunakan potensi masyarakat, dan daerah (otonomi daerah) dalam rangka penyelenggaraan pendidikan Islam yang berkualitas. Ketiga, Meningkatkan demokratisasi penyelenggaraan madrasah secara berkelanjutan dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat agar dapat menggali serta mendayagunakan potensi masyarakat.

References

Abudin Nata (editor). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: PT. Grasindo, 2001.
Al-Balali, Abdul Hamid. Manhajut Thabiin Fi Tarbiyatun Nufus, diterjemahkan menjadi Madrasah Pendidikan Jiwa. Jakarta, Gema Insani Press, 2003.
Bastian, Aulia Reza. Reformasi Pendidikan: Langkah-Langkah Pembaruan Pendidikan Dalam Rangka Desentralisasi Pendidikan Indonesia. Yogyakarta: Lappera; 2002.
Azra, Azyumardi. Pesantren: Kontinuitas dan Perubahan dalam Nurcholish Madjid, Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina, 1997.
Enung K Rukiati dan Fenti Hikmawati. Sejarah Pendidikan di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia, 2006.
Fadjar, A. Malik, Visi Pembaharuan Pendidikan Islam. Jakarta: LP3ES; 1998.
……………….. Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan, 1998.
Fathoni, M. Khalid. Pendidikan Islam Dalam Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Bogor: Regina; 2005.
Muhaimin. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Cet. II; Surabaya: Pustaka Pelajar, 2004.
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.
Maksum. Madrasah: Sejarah & Perkembangannya. Jakarta, Logos Wacana Ilmu, 1999.
Mastuhu, Membererdayakan Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu; 1999.
Mochtar, Affandi. Membedah Diskursus Pendidikan Islam (Ciputat: Kalimah, 2001.
Noer Aly, Hery. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu, 1999.
Shaleh, Abdurrahman. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa, (Jakarta: PT. Radja Grafindo Persada; 1998.
Putra Daulay, Haidar. Sejarah Pertumbuhan dan Pembaharuan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenada Media Group, 2009.
Redaksi Sinar Grafika. Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah. Jakarta: Sinar Grafika; 1999.
Redaksi Sinar Grafika, Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika; 2003.
Redaksi Sinar Grafika. Undang-Undang Guru Dan Dosen. Jakarta : Sinar Grafika; 2008.
Rosyada, Dede. Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan, (Cet. III, Jakarta: Kencana Prenada Media Group; 2009).
Rahim, Husni. Arah Baru Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 2001.
Sanaky, Hujair AH. Pendidikan Islam Alternatif Upaya Mengembangkan Madrasah (ebook).
Sutrisno. Pendidikan Islam Yang Menghidupkan, Studi Kritis Terhadap Pemikiran Fazlur Rahman. Yogyakarta: Kota Kembang, 2006.
Soegarda, Poerbakawatja. Pendidikan dalam Alam Indonesia Merdeka. Jakarta: Gunung Agung, 1970.
Sairin, Sjafri. Perubahan Sosial Masyarakat Indonesia: Prespektif Antropologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2002.
Wahab, Rochidin. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Bandung: Alfabeta, 2004.
Zuhairini, Dkk. Sejarah Pendidikan Islam. Cet. 8, Jakarta: PT. Bumi Aksara Bekerjasama Dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama; 2006.
Published
2020-10-20
How to Cite
Ilham, I. (2020, October 20). PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH: Suatu Kajian Permasalahan dan Solusi Pendidikan Madrasah dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 4(2), 103-124. Retrieved from http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/tajdid/article/view/516
Section
Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan