PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN PENGELOLAAN KELAS

  • Anton Anton
  • Usman Usman
Keywords: Kualitas Belajar Dan Pengelolaan Kelas

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan akan tercapai apabila proses belajar mengajar yang diselenggarakan di kelas benar-benar efektif dan berguna untuk mencapai kemampuan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang diharapkan. Karenapadadasarnya proses belajar mengajar merupakan inti dari proses pendidikan secara keseluruhan, di antaranya guru merupakan salah satufaktor yang penting dalam menentukan berhasilnya proses pembelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu guru dituntut untuk meningkatkan peran dan kompetensinya. Guru yang kompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan akan lebih mampumengelola kelasnya sehingga hasil belajar peserta didik berada pada tingkat yang optimal. Dalam kegiatan belajar mengajar terdapat dua hal yang turut menentukan berhasil tidaknya suatu proses belajar mengajar, yaitu pengelolaan kelas dan pengajaran itu sendiri. Kedua hal itu saling tergantung. Keberhasilan pengajaran, dalam arti tercapainya tujuan-tujuan intruksional sangat bergantung pada kemampuan mengelola kelas. Kelas yang baik dapat menciptakan situasi yang memungkinkan siswa belajar sehingga merupakan titik awal keberhasilan pengajaran.

References

Arikunto, Suharsimi. Pengelolaan Kelas dan Siswa; Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: CV. Rajawali, 1986.
Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.1996. https://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2012/10/pengelolaan-kelas.pdf
Fitrah, Muh, dan Hendra. Pengelolaan Kelas dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Manggu Publisher, 2019.
Masnur dkk. Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Jemmars.1987.
Nawawi, Hadari. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung, 1989.
Nawawi, Hadari. Organisasi Sekolah dan Pengelolaan Kelas Sebagai Lembaga Pendidikan. Jakarta: Gunung Agung1989.
Nurhadi, Muljani A. Administrasi Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: IKIP.1983.
Pidarta,Made. Pengelolaan Kelas. Surabaya: Usaha Nasional, Tth. 1990.
Roestiyah. Masalah-masalahIlmuKeguruan. Jakarta: BinaAksara, 1989.
Sanjaya, PembelajarandanPengajaran, Bandung: RemajaRosdaKarya, 2005.
Semiawan, Conny dkk. Pendekatan Ketrampilan Proses. Jakarta: Grasindo.1986.
Sudirman, TeknikPengelolaanKelas, Bandung: RosdaKarya, 1992.
Suparno dkk. Dimensi-Dimensi Mengajar. Bandung: CV. Sinar Baru.1988.
Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.
Wijaya, Cece dan Tabrani Rusyan. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.1994.
Gordon, Thomas (Ed.). Guru Yang Efektif; Cara Untuk Mengatasi Kesulitan dalam Kelas. Jakarta: Rajawali Press.1990.
Published
2020-06-06
How to Cite
Anton, A., & Usman, U. (2020, June 6). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PENDEKATAN PENGELOLAAN KELAS. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 4(1), 69-83. Retrieved from http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/tajdid/article/view/327
Section
Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan