PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PAI YANG INTEGRATIF: Antara Guru PAI, Orang Tua dan Masyarakat

  • Irwan Irwan
Keywords: Pengembangan, Pembelajaran PAI, Integratif

Abstract

Pembelajaran PAI pada lembaga pendidikan merupakan mata pelajaran yang tidak pernah dipisahkan dari kegiatan mengajarkan, mendidik, membina dan menanamkan atau memahamkan nilai-nilai ajaran Islam secara kaffah kepada peserta didik, agar mereka dapat mengamalkan ajaran-ajaran tersebut di dalam kehidupan mereka sehingga menjadi sebagai pribadi maupun kelompok yang taat kepada ajaran agama Islam. Pembelajaran PAI haruslah bersifat integratif yang artinya adanya sinergisitas atar Guru PAI, Peranan Orang Tua dan Masyarakat, agar apa yang menjadi tujuan pemeblajaran dapat tercapai dengan hasil yang maksimal. Dari beberapa syarat-syarat pendidik yang ideal diantaranya adalah sabar, sehat jasmani dan rohani, memiliki ilmu pengetahuan, bertaqwa kepada Allah SWT. Syarat-syarat pendidik yang mulia yang ada pada diri Rasulullah yang harus dimiliki oleh seorang pendidik yaitu sabar, memiliki ilmu pengetauan yang luas, sehat jasmani dan rohani, taat beribadah, agar seorang pendidik dalam proses pendidikan mencapai hasil yang maksimal yaitu terciptan Masanya kepribadian muslim yang bertaqwa kepada Allah SWT.

References

Abdussalam, Suroso. Arah & Asas Pendidikan Islam. Bekasi: Sukses Publishing, 2011.
Ahid, Nur. Pendidikan Keluarga Dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Aqius. Makalah Peran Guru, http://akitephos.wordpress.com, diakses pada tanggal 27 November 2017.
Fitrah, Muh, dan Hendra. Pengelolaan Kelas dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Manggu Publisher, 2019.
LAL, Anshori. Transformasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gaung Persada Press, 2010.
Lestari, S & Ngatini. Pendidikan Islam kontekstual. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Rajawali Pers, 2018.
Prayitno. Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2009.
Ruhyana. Peranan Masyarakat Dalam Meningkatkan Pendidikan Agama, http://jorjoran.wordpress.com diakses pada tanggal 27 November 2017
Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2005.
Republik Indonesia. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika, 2013.
Salwinsahsematt. Peranan Orangtua, Sekolah dan Guru Dalam Mensukseskan Pendidikan, http://salwintt.wordpress.com, diakses pada tanggal 27 November 2017
Shaleh, Abdul Rachman. Pendidikan Agama & Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2006.
Slameto. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi, Jakarta : Rineka Cipta, 2010.
Umar, Umar. Pengantar Profesi Keguruan. Rajawali Press, 2019.
Yasin, A. Fatah. Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN-Malang Press, 2008.
http://id.shvoong.com, pelaksanaan-pembelajaran-pendidikan-agama-islam, diakses pada tanggal 27 November 2017.
http://www.sarjanaku.com/2018/11/pengaruh-partisipasi-orang-tua-terhadap.html, diakses pada tanggal 12 Januari 2017.
Published
2020-06-06
How to Cite
Irwan, I. (2020, June 6). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PAI YANG INTEGRATIF: Antara Guru PAI, Orang Tua dan Masyarakat. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 4(1), 55-68. Retrieved from http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/tajdid/article/view/326
Section
Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan