DISKURSUS WACANA SAINS DAN TEKNOLOGI SERTA DAMPAKNYA PADA PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Wacana sains dan teknologi selalu menjadi diskursus jika diperhadapkan dengan Islam.Bahkan, kalangan sarjana berusaha mengintegrasikan dengan berbagai macam rupa. Pada kenyataannya dalam perkembangan Islam tercatat beberapa ilmuan Muslim.Salah satusumbangan terbesar Islam bagi dunia modernsaat ini,adalahmewariskan sejumlahteori pengetahuan tentang alam semesta dan cara-cara menerapkan pengetahuan tentangnya.Dalam banyakhal, hubungan antara ilmu pengetahuan (sains) dengan cara-cara menerapkannya (teknologi) telah banyak dicontohkan dan diuji cobakan oleh sejumlah sarjana muslim pada sekitar abad ke-9 M sampai13 M. Di sisi lain, integrasi Islam dengan sains dan teknologi juga menjadi wacana populer dan menjadi pemantik lahirnya kajian tentang hal tersebut di dunia akademik. Sehingga menghasilkan perjumpaan teori di antara keduanyayang pada akhirnya dapat disepakati semuanya bisa saling melengkapi dan tidak terpisahkan.Hakikat pendayagunaan teknologi adalah sebagai media pendukung aktivitas manusia. Hal tersebut harus disadari masyarakat sebagai dampak positif dari teknologi yang bersifat komplementer, serta dampaknya terhadap pendidikan Islam, maka harus mampu melahirkan manusia untuk mencapai kesuksesan di dunia dan akhirat sebagai tujuan utama pendidikan Islam. Inilah kausa-finalisnya mengapa dan untuk apa pendidikan Islam itu dalam pergolakan sosial, utamanya dalam era perkembangan IPTEK ini.Dengan kata lain pendidikan Islam harus ikut memainkan peran dan tidak sekedar menjadi penonton.Oleh karena itu, tepatlah bila pelajaran tentang IPTEK dimasukkan dalam pendidikan Islam, dan mutunya harus ditingkatkan.
References
Arifin, Muhammad. Agama, Ilmu, dan Teknologi, Jakarta: Golden Terayon Press, 1995.
Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam: Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.
Amir Piliang, Yasraf. “Budaya Teknologi di Indonesia: Kendala dan Peluang Masa Depan” Jurnal Sosioteknologi Edisi 28 (2015).
Ardoni, “Teknologi Informasi: Kesiapan Pustakawan Memanfaatkannya” Jurnal Studi Perpustkaan dan Informasi, Vol. 01 No. 02 (2005).
Barbour, Ian G. Juru Bicara Tuhan: Antara Sins dan Agama, Terj. E. R. Muhammad, Bandung: Mizan, 2002.
Darini, Rini Sejarah Kebudayaan Indonesi Masa Hindu-Buddha, Yogyakarta: Ombak, 2013.
Golshani, Mehdi. Filsafat-Sains Menurut Al-Qur’an, Terj. Agus Effendi Bandung: Mizan, 2003.
Hasan, Muhammad Tholhah. Prospek Islam dalam Menghadapi Tantangan Zaman, Jakarta: Lantabora Press, 2005.
Juniadi, April. “Internet Of Things, Sejarah Teknologi dan Penerapannya: Review” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, Vol. 1, No. 3 (2015).
Maksum , Ali dan Luluk Yunan Ruhendi, Paradigma Pendidikan Universal di Era Modern dan Post-Modern: Mencari “Visi Baru” atas “Realitas Baru” Pendidikan Kita, Yogyakarta: IrciSoD, 2004.
Mahzar, Armahedi. Revolusi Integralisme Islam; Merumuskan Paradigma Sains dan Teknologi Islam, Bandung: Mizan, 2004.
Miarso, Yusufhadi. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2005.
Mujamil, Kontribusi Islam Terhadap Peradaban Manusia, Solo: Ramadhani, 1993
Mujamil, Epistemologi Pendidikan; Dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik, Jakarta: Erlangga, 2007.
Munardji, Respon Pendidikan Islam terhadap Kemajuan IPTEK, dalam Mujamil Qomar, dkk., Meniti Jalan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.
Ngafifi, Muhamad. Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol. 2 Np. 01 (2014)
Nasr,SeyyedHossain, SainsdanPeradabanDiDalamIslam,Terj. J. Mahyudin,PenerbitPustaka,1997.
Poesponegoro,Marwati dan Nugroho N. Sejarah Nasional Indonesia 1, Jakarta: Balai Pustaka, 1992.
Rahmat, Jalaluddin Psikologi Agama: Sebuah Pengantar, Bandung: Mizan, 2004.
SujudPurnawanJati, Slamet. PrasejarahIndonesia:TinjauanKronologi danMorfologi, Jurnal Sejarah dan Budaya No. 2 (2013).
Sulaiman, Seth B. “Pendidikan Sains, Teknologi dan Masyarakat”, Jurnal Pendidikan Universiti Teknologi Malaysia Jilid 6 (2000).
Tilaaar, H.A.R. Multikulturalisme: Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional, Jakarta: Grasindo, 2004.
Zulkarnain, Transformasi Nilai-nilai Pendidikan Islam: Manajemen Berorientasi Link and Match, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.
Zainuddin, M. Paradigma Pendidikan Terpadu: Menyiapkan Generasi Ulul Albab, Malang: UIN Malang Press, 2008.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.