Pendidikan Agama Islam Sebagai Basis Pembinaan Nilai-Nilai Rohani Peserta Didik

  • Abd. Salam
Keywords: Nilai rohani, Pendidikan Agama Islam, Peserta Didik

Abstract

Pendidikan agama Islam merupakan pembelajaran yang fokus pada pembinaan nilai akidah dan akhlak seorang anak didik di lembaga pendidikan, mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi. Proses pembinaan nilai-nilai agama dalam membentuk kepribadian peserta didik sudah dimulai sejak anak lahir sampai dewasa. Ketika lahir seorang anak diperkenalkan dengan kalimat toyyibah, kemudian setelah mereka tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak, maka yang pertama harus ditanamkan adalah nilai dasar keagamaan yang berkaitan dengan keimanan, sehingga anak dapat mengenal dan meyakini Allah SWT, seyakin-yakinya/ma’rifatullah. Oleh karena itu, penting bagi peserta didik agar dibimbing dengan nilai-nilai rohani melalui pendidikan Agama Islam dalam aktivitas pembelajaran seperti; cara tutur kata yang baik, berpakaian yang baik, teramsuk tentang yang etika bergaul dengan baik. Selain itu, peserta didik ditanamkan sifat-sifat yang paripurna, seperti nilai-nilai tawadhu, sabar, istiqomah dan lain-lainya. Selanjutnya agar siswa dapat memiliki nilai-nilai rohani maka harus ditanamkan kedalam jiwa anak tersebut dan menjaga keharmonisan antara guru dengan siswa maupun orang tua peserta didik dilingkup pendidikan.

References

Asy-Syalhub, Fu’ad bin Abdul Aziz. Begini Seharusnya Mnejadi Guru.Jakarta: Darul Haq, 2014.
Arif, Mahmud. Pendidikan Islam Transformatif. Yogyakarta: LKIS, 2008.
Al-Ghazali. Ihya’ ‘Ulumuddin Juz I, terj. M. Zuhri. Semarang: Asy Syifa, 1990.
Ghofir, Abdul dan Zuhairini. Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Malang: Universitas Malang, 2004.
Ibnu Rusn, Abidin. Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Idris, Zahara. Dasar-Dasar Kependidikan.Bandung: Angkasa, 2002.
Muhaimin. Nuansa Baru Pendidikan Islam Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo, 2006.
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah , dan Perguruan Tinggi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.
Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam, di sekolah, madrasah, dan perguruan tinggi, Jakarta: Rajawali 2012.
Ni’am, Syamsun. Tasawuf Studies, Pengantar Belajar Tasawuf. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.
Nizar, Samsul dan Ramayulis. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia, 2009.
Salam, Abd. Model Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Tasawuf: Penerapan Tasawuf Al-Ghazali Di Sekolah, Pesantren, SMP, SMA, Dan Perguruan Tinggi. Penerbitan UMM Press, 2015.
Salam, Abd. Tasawuf Jalan Rohani Menuju Allah.Penerbitan UMM Press, 2015.
Sulaiman, Fatiyah Hasan. Sistem Pendidikan Versi Al-Ghazali. Bandung: PT. Al-Maarif, 1986.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung : PT Remaja Rosda Karya, 2006.
Tafsir, Ahmad. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002.
Tasmara, Toto. Kecerdasan Ruhaniah (Transcendental Intelligence): Membentuk Kepribadian yang Bertanggung Jawab, Profesional dan Berakhlak. Jakarta: Gema Insani, 2001.
Tobrani. Pendidikan Islam Paradigma Teologis, Filosofis dan Spiritualitas, Hak terbit pada UMM Press, 2008.
Tobroni. Relasi Kemanusiaan dalam Keberagamaan:Mengembangkan Etika Sosial Melalui Pendidika. Bandung, CV. Karya P utra Darwati, 2012.
Published
2018-04-05
How to Cite
Salam, A. (2018, April 5). Pendidikan Agama Islam Sebagai Basis Pembinaan Nilai-Nilai Rohani Peserta Didik. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 2(1), 286-296. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/tadjid.v2i1.102
Section
Artikel