Pelangi: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi <p style="text-align: justify;"><span style="vertical-align: inherit;"><span style="vertical-align: inherit;"><strong>Pelangi:</strong> Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, yang terbit berisi tulisan yang diangkat dari gagasan pemikiran dan penelitian dalam bidang kajian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Terbit dua kali dalam satu tahun yaitu bulan Maret dan bulan September Yang beralamat Redaksi Jurnal Pelangi: Program Studi&nbsp;Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Gedung. </span><span style="vertical-align: inherit;">Lantai III Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima Jl. </span><span style="vertical-align: inherit;">Anggrek No. 16 Kelurahan Ranggo Na'e Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima, Tlp. </span><span style="vertical-align: inherit;">0374-44646, Faks, 0374 - 45267, Hp. </span><span style="vertical-align: inherit;">082359241169, dan 082339832420.</span></span></p> en-US <div>&nbsp;</div> putrasanggar231@gmail.com (Lukman) muslimanjas@gmail.com (Muslim) Tue, 12 Mar 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.1.0.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENGARUH METODE TALAQQI TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL SURAT AL-ADIYAT PADA ANAK USIA DINI http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi/article/view/2600 <p>Pengajaran Al-Qur’an pada anak usia dini merupakan modal terbesar untuk membentuk pribadi-pribadi insani.&nbsp; Proses menghafal Al-quran, dengan menggunakan metode yang baik dan benar akan mempengaruhi proses pengajaran tersebut. Berdasarkan hasil observasi di RA Halimatus Sa’diyyah Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung, diperoleh kenyataan bahwa siswa dan siswi disana masih ada yang kesulitan dalam proses menghafal Al-Qur’an. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah <em>quasi experimental</em>. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada perkembangan kemampuan menghafal anak antara melalui penggunaan metode talaqqi (kelas eksperimen) dengan metode ummi (kelas kontrol). Hal ini dibuktikan melalui uji t yang menunjukkan nilai t<sub>hitung</sub> = 11,538 &gt; t<sub>tabel</sub> = 1,734 dan dapat diinterpretasikan hipotesis alternatif (H<sub>a</sub>) diterima dan hipotesis nol (H<sub>0</sub>) ditolak. Artinya, terdapat perbedaan yang signifikan pada perkembangan kemampuan menghafal anak antara menggunakan metode talaqqi dengan metode ummi di kelompok B RA Halimatus Sadiyyah.</p> Zahrah Aghliya Alfani ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi/article/view/2600 Sun, 10 Mar 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH METODE FINGERMATHIC TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi/article/view/2597 <p>Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum berkembangnya kemampuan berhitung anak di RA As-Syifa Bogor Barat Kota Bogor. Hal ini dilihat dari perkembangan kemampuan berhitung anak yang belum mampu membedakan lambang bilangan, belum mampu mencocokan jumlah bilangan dan lambang bilangan, dan belum memahami konsep bilangan mengenai penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen desain <em>one group pretest posttest</em>. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh harga t hitung 2,152 &gt; t tabel 1,734. Maka hipotesisnya Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode <em>fingermathic</em> terhadap kemampuan berhitung anak di kelompok B RA As-Syifa Bogor Barat Kota Bogor.</p> Muthia Syah Riva, Aam Kurnia, Arif Nursihah ##submission.copyrightStatement## http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi/article/view/2597 Sun, 10 Mar 2024 00:00:00 +0700 IMPLEMENTASI NILAI AGAMA DALAM PENANAMAN NILAI MORAL MELALUI METODE PEMBIASAAN DI TK PEMBINA LAMBU http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi/article/view/2651 <p>Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai agama dalam penanaman nilai moral serta faktor pendukung dan penghambat implementasi penanaman nilai agama dan moral melalui metode pembiasaan di TK pembina Lambu. Metodologi penelitian kualitatif menggunakan berbagai pendekatan dan teknik untuk memahami fenomena sosial secara mendalam, dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi nilai agama dalam penanaman nilai moral melalui metode pembiasaan dalam proses belajar mengajar di TK Pembina Lambu dipengaruhi oleh faktor eksternal yaitu dengan mendorong guru agar selalu berbuat baik karena akan dicontohi oleh muridnya, dan terciptanya hubungan harmonis antara guru dan murid. Kemudian faktor internal yaitu dengan dukungan orang tua di rumah untuk terbiasa menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam dirumah pada anak. Adapun faktor yang menjadi tantangan yang dihadapi yaitu: jika pihak sekolah, keluarga dan lingkungan tidak menciptakan situasi yang baik, maka penerapan metode pembiasaan untuk nilai agama dalam penanaman nilai moral pada murid akan menjadi sia-sia.</p> Nursah Nursah, Ihlas Ihlas, Lukman Lukman ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi/article/view/2651 Sun, 10 Mar 2024 00:00:00 +0700 KARTUN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKHLAKUL KARIMAH ANAK USIA DINI http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi/article/view/2613 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kartun digunakan sebagai media pembelajaran dalam membentuk akhlakul karimah anak usia dini. Studi ini dilaksanakan di TK Hatinia Barokah Desa Suka Ramai Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Adapun kesimpulan penelitian ini adalah Akhlakul karimah yang ditanamkan di TK Hatinia Barokah Desa Suka Rame, Kecamatan Kualuh Hulu, Labuhanbatu Utara adalah sikap religius, cinta lingkungan, cinta tanah air, jujur, peduli terhadap teman-teman, dan orang tua. Dalam pelaksanaan menanamkan sikap akhlakul karimah tersebut digunakan media dengan penayangan kartun Nussa dan Rara. Pemilihan media ini sangat tepat sebab mayoritas anak suka menonton dan menirukan apa yang mereka lihat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pembelajaran anak usia dini dengan menggunakan media kartun berhasil membentuk akhlakul karimah siswa.</p> Mursal Aziz, Dedi Sahputra Napitupulu, Juliyanti Siahaan ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi/article/view/2613 Thu, 18 Apr 2024 12:42:18 +0700 MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN 3 M DI TK NEGERI 09 RABADOMPU BARAT KOTA BIMA http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi/article/view/2714 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengevaluasi efektivitas penggunaan pendekatan 3 M (Melukis, Membentuk, dan Merangkai) dalam pengembangan kemampuan motorik halus Anak Usia Dini di TK Negeri 09 Rabadompu Barat, Kota Bima. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan desain pre-test dan post-test control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen (N = 30) dan kelompok kontrol (N = 30). Pengumpulan data dilakukan melalui tes observasi terstruktur sebelum dan setelah intervensi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t independent untuk membandingkan skor rata-rata pre-test dan post-test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan motorik halus anak di kelompok eksperimen setelah intervensi 3 M, dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini mendukung efektivitas pendekatan 3 M sebagai strategi untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Implikasi praktis dari penelitian ini menyarankan penerapan pendekatan 3 M dalam kurikulum TK untuk memperkuat pengembangan keterampilan motorik halus anak secara holistik.</p> Heryati Heryati, Nasaruddin Nasaruddin, Masita Masita ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/pelangi/article/view/2714 Sun, 10 Mar 2024 00:00:00 +0700