IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI TAMAN KANAKKANAK NEGERI 08 PENATOI KOTA BIMA

  • Run Alfisal Run Alfisah Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima
  • Lukman Lukman Institut Agama Islam Muhammadiyah Bima
Keywords: Implementasi, Manajemen, Belajar Mengajar.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk menjelaskan implementasi manajemen kelas dalam kegiatan belajar mengajar di Taman KanakKanak Negeri 08 Penatoi Kota Bima, 2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam implementasi manajemen kelas dalam kegiatan belajar mengajar di Taman Kanak-Kanak Negeri 08 Penatoi Kota Bima. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian berangkat dari sebuah teori menuju data dan berakhir pada penerimaan atau penolakan terhadap teori yang digunakan, dan data yang di hasilkan melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di Taman Kanak-Kanak Negeri 08 Penati Kota Bima Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen di Taman Kanak-Kanak Negeri 08 Penatoi Kota Bima dilakukan dengan tahap awal yaitu perencanaan program yang terdiri dari PROTA, PROSEM, RPPM, RPPH yang berisikan Tema dan Sub Tema, Kompetensi Dasar (KD), Materi, dan rencana kegiatan yang didalam terdapat kegiatan Pembuka, Inti, dan Penutup, dan terakhir melakukan evaluasi terkait kegiatan yang dilakukan. Dalam hal ini terdapat juga kendala yang di alami guru dalam implementasi manajemen kelas dalam kegiatan belajar mengajar di Taman Kanak-Kanak Negeri 08 Penatoi Kota Bima ialah Faktor Guru, Faktor peserta didik, dan kurangnya media ajar atau Alat Peraga Edukatif (APE).

Published
2020-09-18
How to Cite
Run Alfisah, Run Alfisal, and Lukman Lukman. 2020. Pelangi: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini 2 (1), 38-59. Accessed May 3, 2024. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i1.575.
Section
Articles