PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN NEGERI 2 KOTA BIMA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

  • Aris Munandar Sekolah Dasar Negeri 02 Kota Bima
Keywords: Pembelajaran, Team Tipe Quiz, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi, rendahnya prestasi belajar (kognitif) siswa kelas VI SDN 2 Kota Bima pada mata pelajaran PAI. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan upaya meningkatkan prestasi belajar (kognitif) siswa melalui penerapan Kooperatif Tipe Team Quiz. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 2 Kota Bima sebanyak 40 orang, terdiri dari 27 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan proses tindakan kelas dilaksanakan sebanyak empat siklus namun di dalam tulisan ini penulis hanya menjelaskan 1 siklus saja. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yang berkesinambungan yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Data aktivitas guru dan siswa dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi dan prestasi belajar (kognitif) siswa dikumpulkan melalui hasil tes (soal pilihan ganda dan essay) pada setiap akhir siklus. Adapun hasil temuannya Terjadi peningkatan kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran di kelas VI SDN 2 Kota Bima pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Team Quiz Peningkatan aktivitas guru dalam menerapkan metode TQ ini terlihat pada presentase, yakni pada siklus I baru mencapai 61,11%, dan Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Team quiz dalam melihat aktifitas siswa kelas VI SDN 2 Kota Bima dalam menjalankan diskusi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat terlihat pada presentase ketuntasan yaitu pada siklus I mencapai 61,11%.

 

Published
2020-07-06
Section
Jurnal