PERAN STRATEGIS UMKM DALAM MENOPANG PEREKONOMIAN INDONESIA DI TENGAH PANDEMI COVID-19

  • Sri Wahyunti Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima
Keywords: UMKM, Perekonomian Indonesia, Covid-19

Abstract

Tulisan ini menggali peran UMKM dalam menopang perekonomian Indonesia di masa pandemi Covid-19. UMKM sangat berperan dalam membangkitkan ekonomi, mempunyai kemampuan mencari solusi melalui teknologi, inovasi, dan investasi. Sektor bisnis dapat berperan (1) mengatasi dampak negatif pada lingkungan dan sosial melalui rantai nilai dan rantai pasok operasi bisnis, (2) mengambil bagian untuk mengembangkan UMKM menggunakan strategi pemberdayaan komunitas lokal melalui pelatihan keterampilan pertanian berkelanjutan dan modern membangun pusat pelatihan, pengembangan lingkungan usaha yang kondusif melalui pembukaan pasar baru dan relokasi pasar lama, dan strategi peningkatan akses UMKM ke sumber daya produktif.

References

Badan Pusat Statistik, Data UMKM
www. Alodokter.com di akses pada tanggal 20 Bulan November Tahun 2020
Sadono Sukirno. 2006. Makroekonomi: Teori Pengantar, Edisi Ketiga.
Menik Fitriani Safari. 2014. Analisis Pengaruh Ekspor, Pembentukan Modal, dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.
Sadono, Sukirno. 1970. Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah, dan Dasar
Kebijakan. Jakarta.
Arsyad, Lincolyn.1988. Pembangunan Ekonomi. Yogyakarta
Iskandar, Putong. 2013. Economics, Pengantar Mikro dan Makro, Edisi Kelima. (Jakarta: Mitra Wacana Media)
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 Tentang UMKM, Bab IV Pasal 6.
Ade Rasalawati. 2001. Pengaruh Perkembangan Usaha Kecil Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Pada Sektor UKM Indonesia (Skripsi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Syarifhidayatullah, Jakarta.
Kementerian Koperasi dan UKM. 2005. Peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Surabaya.
Kementerian Koperasi dan UKM.Draf Rencana Strategis Pembangunan Koperasi dan UMKM Periode Tahun 2005 ± 2009. Jakarta, 2004.
LPPI, Bank Indonesia. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan
Menengah (UMKM). Jakarta.
Published
2020-12-07
Section
ESA: Jurnal Ekonomi Syariah