eL-Muhbib jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib <p style="text-align: justify;"><strong>eL-Muhbib</strong> adalah<strong>&nbsp;</strong>jurnal pemikiran dan penelitian pendidikan dasar dengan ISSN Print: 2614-1051, Online: 2716-5019, yang&nbsp;diterbitkan setiap dua kali setahun oleh Prodi S1 PGMI Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah sejak tahun 2017 sebagai media informasi dan pembahasan seputar isu kekinian yang berkaitan dengan perkembangan akademik siswa di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Hal lain yang menjadi fokus pembahasan dalam konten jurnal ini juga berkaitan dengan telaah konseptual dan hasil penelitian berkenaan dengan&nbsp;pendidikan dasar terutama dilingkup Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Redaksi mengundang para akademisi, peneliti, dan para pemerhati pendidikan &nbsp;untuk menerbitkan artikel ilmiah di jurnal ini pada bulan Juni dan Desember.</p> en-US laodeumarpgmi@gmail.com (Umar) laodeumarpgmi@gmail.com (Sahrul Ramadhan) Sat, 30 Dec 2023 09:02:59 +0700 OJS 3.1.0.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 UPAYA PENINGKATAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK DENGAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) KELAS I SD NEGERI PULUTAN 02 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/1940 <p>Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menguji penggunaan metode SAS <em>(Struktural Analitik Sintetik) </em>untuk mengatasi hambatan membaca permulaan peserta didik kelas I SD Negeri Pulutan 02 Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian tindakan kelas<em>.</em> Sampel dalam penelitian ini adalah kelas I SD Negeri Pulutan 02 sebanyak 6 peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti melalui lembar pengamatan aktivitas peserta didik pada kelas I menunjukkan rata-rata sebesar 71% kategori sangat baik. Keberhasilan proses penerapan metode SAS <em>(Struktural Analitik Sintetik)</em> dengan langkah menyiapkan media gambar, kartu kata, kartu suku kata berdasarkan gambar yang dipersiapkan. Dalam proses pembelajaran dengan metode SAS peserta didik mendapatkan pendampingan dari guru secara bergantian dengan bantuan <em>booklet </em>suku kata. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode SAS <em>(struktural analitik sintetik)</em> dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas rendah dalam pembelajaran bahasa indonesia. Saran pada pembelajaran guru hendaknya melakukan persiapan memahami materi dan menyusun perencanaan pembelajaran yang efektif.</p> Afifah Nurul Aeni, Herry Sanoto ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/1940 Sun, 08 Oct 2023 07:06:37 +0700 PROGRAM MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN EVALUASI GOAL FREE TERHADAP INTEGRASI SOSIAL, KESEJAHTERAAN EMOSIONAL, DAN KEPUASAN SISWA http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2000 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh Program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) terhadap integrasi sosial, kesejahteraan emosional, dan kepuasan siswa saat menghadapi tantangan sekolah baru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional, melibatkan 1356 siswa baru dari berbagai sekolah menengah di tiga daerah di Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa siswa menghadapi MPLS dengan tingkat kenyamanan yang tinggi dan tingkat kepuasan yang memadai, namun memiliki kecenderungan netral dalam memiliki teman selama MPLS. Mereka juga merasa siap menghadapi tantangan dan memiliki hubungan sosial yang kuat, meskipun tingkat stres cenderung lebih tinggi. Analisis korelasi mengungkapkan hubungan positif yang signifikan antara variabel-variabel tertentu. Kenyamanan berinteraksi di MPLS berhubungan positif dengan memiliki teman, kesiapan menghadapi tantangan berhubungan positif dengan kepuasan siswa, dan hubungan sosial yang kuat berhubungan positif dengan pengurangan stres. Namun, perlu diingat bahwa hasil ini dapat bervariasi tergantung pada konteks dan karakteristik siswa serta program MPLS yang spesifik. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami lebih mendalam dinamika yang mungkin memengaruhi hubungan antara variabel-variabel ini.</p> Muh Fitrah, Suranto Suranto, Sri Wening, Mei Indra Jayanti ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2000 Mon, 25 Dec 2023 00:00:00 +0700 METAKOGNISI SEBAGAI ALAT KESADARAN DALAM MENERAPKAN HOTS DI PROSES DAN EVALUASI PEMBELAJARAN http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2088 <p>Pendidikan di abad 21 ini menuntut peserta didik memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk bisa menyelesaikan masalah sehari-hari. Cara mengukur sejauh mana peserta didik sudah mampu menganalisa dan mengaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari bisa melalui pemberian soal-soal jenis <em>High Order Thinking Skills </em>(HOTS). Namun fakta di lapangan, penerapan HOTS masih rendah. Soal-soal yang sering dijumpai di lapangan masih menyasar pada jenis <em>Low Order Thinking Skills </em>(LOTS). Dalam proses pembelajaran juga cenderung pemberian pertanyaan untuk memastikan peserta didik memahami apa yang dibaca masih menggunakan jenis berpikir tingkat rendah. Hal ini dikarenakan masih rendahnya kesadaran guru terhadap soal-soal yang dibuat terhadap tujuan utamanya. Maka dari itu, diperlukan strategi dalam membantu peserta didik mencapai jenis berpikir HOTS serta diperlukan kemampuan metakognisi baik guru maupun siswa untuk dapat menyadari dan mengatur strategi berpikir dalam mengelola informasi.</p> Regi Damayanti, Erlangga Kusuma Yudha, Ratna Sari Dewi ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2088 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0700 PENGGUNAAN MEDIA MADING (MAJALAH DINDING) PADA KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS IV SD MIFTAHUL ULUM http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2062 <p>Keterampilan menulis karangan narasi adalah kemampuan mengkomunikasikan pikiran, ide, dan pandangan dengan menggunakan tulisan yang harus dipahami oleh siswa agar dapat menulis dengan baik. Media mading adalah media yang digunakan sebagai sarana dalam menyampaikan gagasan/ide dalam bentuk tulisan dan dapat menjadi media tulis dalam komunikasi antara siswa dan guru untuk bertukar informasi.</p> <p>Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam kajian ini. Sumber data dan data penelitian yaitu siswa kelas IV SD Miftahul Ulum yang berjumlah 21 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi :</p> <p>(1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi.</p> <p>Berdasakan temuan studi penggunaan mading pada keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Miftahul Ulum, dapat disimpulkan bahwa guru menggunakan media dengan menarik untuk mengelola pembelajaran, sehingga lebih kondusif dan menyenangkan. Hasil dari keterampilan menulis karangan narasi siswa juga menunjukkan kemampuan dalam membuat tulisan dengan baik dan runtut, dilihat antusiasme siswa terhadap penggunaan media mading. Siswa juga memperoleh pemahaman/pengetahuan dengan baik.&nbsp;&nbsp;&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci</strong> <strong>: Media Mading, Keterampilan Menulis,karangan narasi</strong></p> Novita Sayyidah Alkamilah, Lita Aditya Khoirun nisa' ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2062 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0700 MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN SIKAP GOTONG ROYONG BERBANTU MEDIA PAPAN DI SEKOLAH DASAR http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/1956 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap gotong royong melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media papan kelas 2A SD Negeri Ledok 02 Salatiga. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan empat tahapan diantaranya (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) observasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi dengan uji validasi ahli. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 2A yang berjumlah 24 terdiri dari 11 perempuan dan 13 laki-laki. Objek penelitian adalah sikap gotong royong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan sikap gotong royong berbantu media papan kelas 2A di SD Negeri Ledok 02 Salatiga. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil tiap siklus mengalami peningkatan yang signifikan mulai dari prasiklus sebesar 12%, siklus I pertemuan I dan II sebesar 21% dan 29%, siklus II pertemuan I dan II sebesar 42% dan 79% telah mengalami peningkatan yang signifikan karena telah mencapai indikator keberhasilan dengan nilai &gt;70%.</p> Erfin Uswatun Nisa ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/1956 Fri, 17 Nov 2023 00:00:00 +0700 PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGURAIKAN BILANGAN DASAR DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI BERBASIS PERMAINAN KONSTRUKTIF DI KELAS I http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/1934 <p>Matematika menjadi salah satu pelajaran yang wajib dipelajari oleh peserta didik pada setiap jenjang pendidikan. Namun pentingnya mempelajari matematika di sekolah tidak dibarengi dengan penyampaian materi yang menyenangkan sehingga membuat peserta didik merasa kurang tertarik belajar matematika khususnya di sekolah dasar. Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menguraikan bilangan dasar dengan menggunakan pendekatan inkuiri berbasis permainan konstruktif di kelas I-B yang berjumlah 23 peserta didik di SDN Blotongan 02 kota Salatiga tahun Pelajaran 2023/2024. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tertulis kemudian dianalsis menggunakan uji ketuntasan dan analisis deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini apabila peserta didik mendapatkan nilai lebih besar atau sama dengan 70 sesuai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) di kelas I-B. Penelitian Tindakan kelas ini menggunakan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar sebesar 57%, sedangkan pada siklus II sebesar 83%.</p> Ida Larasati, Aris Kukuh Prasetyo, Kesia Endah Setiani ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/1934 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0700 PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KONKRET PADA SISWA KELAS VI SDN 5 KUNINGAN http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/1518 <table> <tbody> <tr> <td width="418"> <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA materi sistem tata surya pada peserta didik kelas VI SDN 5 Kuningan Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi sistem tata surya melalui model <em>Problem Based Learning </em>dengan menggunakan media konkret. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. PTK ini dilaksanakan dengan 2 siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 21 Maret 2023 dan 27 Maret 2023, Siklus II dilaksanakan pada 29 Maret 2023 dan 31 Maret 2023. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas VI SDN 5 Kuningan Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan dengan jumlah peserta didik sebanyak 21 yang terdiri dari 15 laki-laki dan 6 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model <em>Problem Based Learning </em>dengan menggunakan media konkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sistem tata surya pada kelas VI SDN 5 Kuningan Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan. Peningkatan hasil belajar IPA materi sistem tata surya diketahui dengan hasil tes pada Siklus I dan Siklus II yang menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dan presentasi ketuntasan secara klasikal. Rata-rata nilai peserta didik materi sistem tata surya pada kondisi awal (pra-siklus) 69 dengan ketuntasan klasikal sebesar 40% (9 peserta didik) dari 21 peserta didik yang mencapai nilai ≥ 70 (nilai KKM). Siklus I sebesar 72 dengan ketuntasan klasikal sebesar 60% (12 peserta didik) yang mencapai nilai ≥ 70 (nilai KKM). Siklus II sebesar 82 dengan ketuntasan klasikal 85% (18 peserta didik) yang mencapai ≥ 70 (nilai KKM).</p> </td> </tr> <tr> <td width="418"> <p><strong>Kata Kunci</strong>: <em>Hasil Belajar</em><em>, Problem Based Learning, Media Konkret, IPA </em></p> </td> </tr> </tbody> </table> Ayu Dinahastuti ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/1518 Tue, 10 Oct 2023 00:00:00 +0700 IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBELEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI PULUTAN 02 SALATIGA http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/1947 <p>Permasalahan dari penelitian ini yaitu saat kegiatan pembelajaran peserta didik belum mampu berkolaborasi dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok untuk memecahkan sebuah masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari implementasi model pembelajaran <em>problem based learning </em>dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar peserta didik. Subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri Pulutan 02 Salatiga sebanyak 9 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif menggunakan empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1)&nbsp; Keterampilan kolaborasi pada saat pra siklus sebesar (61,48%), siklus I pertemuan 1 mendapatkan persentase (72,59%) dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi (74,81%), kemudian pada siklus II pertemuan 1 mendapatkan persentase (80%) dan meningkat pada pertemuan 2 menjadi (83,70%). (2) Setelah menerapkan model pembelajaran <em>problem based learning</em> persentase hasil belajar pada pra siklus sebesar (59,3%) meningkat sebanyak&nbsp; 15,7% pada siklus I menjadi 75%. Kemudian pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar meningkat sebanyak 11,7% menjadi 86,7%. Hasil belajar pada siklus I hingga siklus II sudah mencapai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) yaitu &gt; 70. Dengan demikian, penerapan model pembelajaran <em>problem based learning</em> (PBL) dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri Pulutan 02 Salatiga.</p> Grehas Wilantanti ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/1947 Sun, 08 Oct 2023 00:00:00 +0700 EFEKTIVITAS PROBLEM SOLVING PADA MODEL PBL BERNUANSA ETNOMATEMATIKA DENGAN SATUAN NGAPAK http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2108 <p>Problem solving adalah landasan pokok dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataan yang terjadi beberapa daerah menunjukkan problem solving matematika masih rendah. Tujuan penelitian yaitu efektifitas problem solving pada model PBL bernuansa etnomatematika dengan satuan ngapak dengan fokus penelitian pada kelas IV materi perkalian. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuanitatif menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Populasi yang digunakan yaitu kelas IV pada Kecamatan Banyumas tahun 2023 dan sampel berada di Gugus Melati kelas IV. Pemilihan sampel menggunakan <em>simple random sampling. </em>hasil uji hipotesis yang dilakukan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) Problem solving dengan menggunakan model PBL bernuansa etnomatematika dan satuan hitung khas ngapak melebihi angka 68. (2) ketuntasan klasikal pada kelas yang menggunakan model PBL bernuansa etnomatematika dengan satuan hitung khas ngapak lebih dari 75%. (3) Rata-rata kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model model PBL bernuansa etnomatematika dengan satuan hitung khas ngapak lebih baik dibandingkan dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah dengan menggunakan model PBL. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan problem solving pada model PBL bernuansa etnomatematika dengan satuan hitung yang khas ngapak efektif dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa.</p> Desi Setiyadi ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2108 Sun, 24 Dec 2023 00:00:00 +0700 PENGARUH METODE SILABA BERBANTUAN MEDIA PAPAN PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2167 <p><sup>Kemampuan membaca menjadi aspek yang krusial untuk dikuasai oleh siswa terutama dijenjang sekolah dasar. Oleh sebab itu, keberadaan metode dan media pembelajaran menjadi sangat penting. Studi ini menitikberatkan pada pengaruh penggunaan metode silaba dengan bantuan papan pintar terhadap kemampuan membaca awal siswa. Pendekatan kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini dengan desain penelitian pre-experimental jenis one group pretest-posttest. Populasi yang menjadi fokus penelitian ini adalah kelas I SDN 3 Menganti yang berjumlah 29 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan SPSS 26. Hasil penelitian dipeoleh data thitung 15,105 &gt; ttabel 2,048. Ditolaknya Ho dan diterimanya dan diterimanya Ha menunjukkan terdapat pengaruh dari penggunaan metode silaba dengan dukungan papan pintar terhadap kemampuan membaca permulaan SDN 3 Menganti hingga sebesar 66,1%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode dan media ini mempengaruhi kemampuan membaca permulaan siswa.&nbsp;</sup></p> Asri Muthmainnah, Nina Sofiana, Dwiana Asih Wiranti ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2167 Sun, 24 Dec 2023 00:00:00 +0700 PENINGKATAN MINAT DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PERMAINAN DADU DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS 1 SD http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/1941 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan keaktifan belajar peserta didik dengan model <em>problem based learning</em>. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan dalam 2 siklus dengan mengacu model Kemmis dan Mc. Taggart . Subjek penelitian adalah kelas 1 sebanyak 21 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes tertulis, kemudian dilakukan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif dari data yang diperoleh. Penerapan model <em>problem based learning </em>pada sebelum dilakukan siklus, bahwa rata-rata minat belajar yang semula 68% kategori sedang dan siklus I masih dalam kategori sedang yaitu 71% kemudian dilanjutkan siklus II adanya peningkatan minat belajar peserta didik dengan rata-rata 82% kategori baik. Sedangkan untuk keaktifan rata-rata kelas pada prasiklus yaitu 67% kategori sedang, pada siklus I menunjukkan 72% dan untuk siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata yaitu 85% kategori sangat baik. Dengan demikian melalui model <em>problem based learning</em> selama pembelajaran melalui permainan dadu terbukti dapat meningkatkan minat dan keaktifan belajar pada pembelajaran matematika peserta didik kelas 1 SD Negeri Kecandran 01</p> Ifma Labaqotul Husna, Agustina Tyas Asri Hardini ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/1941 Sun, 08 Oct 2023 00:00:00 +0700 PENDEKATAN GAMIFICATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA PRESCHOOL: STUDI KUASI EKSPERIMENTAL http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2152 <p>Penerapan teknologi dalam kehidupan sehari-hari baik orang dewasa maupun anak-anak melalui perangkat seluler pintar telah mengarah pada integrasi alat digital dalam proses pendidikan. Beberapa tahun terakhir terlihat peningkatan minat terhadap penggunaan alat inovatif untuk meningkatkan pendidikan matematika, termasuk eksplorasi teknik gamifikasi untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan kemampuan berfikir kritisnya. Berpikir kritis sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika karena dapat melatih siswa mengembangkan dan menganalisis permasalahan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan gamification terhadap keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran teori bilangan. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah one-group pretest-posttest. Subyek penelitian ini adalah siswa preschool di Spring Shine Preschool and Kindergarten (PAUD dan TK) Semarang, Jawa Tengah yang telah mengambil pembelajaran teori bilangan. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) uji normalitas menggunakan uji Liliefors, (2) uji homogenitas menggunakan uji Bartlet, dan (3) uji hipotesis menggunakan uji beda rata-rata berpasangan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh pendekatan gamification terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (2) Terdapat perbedaan rata-rata skor N-Gain kemampuan berpikir kritis siswa. keterampilan sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan gamification dengan observasi = 12,025 &gt; tkritis (0,05; 1) = 2,001, (3) Pendekatan gamification dapat meningkatkan proporsi nilai rata-rata setiap indikator berpikir kritis.</p> Meilina Meilina ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2152 Sun, 24 Dec 2023 11:12:16 +0700 IMPLEMENTASI MUATAN LOKAL PENCAK SILAT DI SD NEGERI LIALANG KOTA SERANG http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2107 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi muatan lokal pencak silat di SD Negeri Lialang kota&nbsp; Serang. Pembelajaran muatan lokal ini sangat diperlukan, apalagi untuk kemajuan daerah yang otomatis berdampak positif bagi kemajuan nasional. Selain itu, muatan lokal diperlukan untuk pengembangan budaya. Penelitian ini meneliti terkait proses perencanaan, pelaksanaan, penilaian atau evaluasi implementasi muatan lokal pencak silat. Metode penelitian ini menggunakan&nbsp; kualitatif deskriptif karena menyajikan berdasarkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada hasil penelitian terdapat beberapa tahapan (1)Perencanaan implementasi muatan lokal pencak silat kegiatannya berupa menyusun perangkat-perangkat pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran. Perangkat pembelajaran. (2)Pelaksanaan muatan lokal pencak silat ada beberapa kendala yaitu, perhatian peserta didik yang kurang sehingga praktek gerakan tidak maksimal, menginstruksikan peserta didik di lapangan dengan suara yang kecil, tidak mengajarkan maupun mengingatkan jurus dengan gerakan per gerakan, tidak memperhatikan bagaimana gerakan peserta didik secara terperinci, pembelajaran non praktek hanya diajarkan lewat buku. Pada tahap (3) penilaian guru menilai disaat pertengahan semester dan akhir semester dengan gerakan yang sudah dihafalnya.</p> <p>&nbsp;</p> Patra Aghtiar Rakhman, Siti Rokmanah, Sayidatul Fariha ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2107 Sun, 24 Dec 2023 12:55:53 +0700 MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELAS III SD NEGERI PELEMGEDE 02 KABUPATEN PATI http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2227 <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bercerita dalam mata pelajaran bahasa Indonesia menggunakan media kartu bergambar pada siswa kelas III SD Negeri Pelemgede 02. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif melalui studi pustaka. Penelitian dilakukan melalui tahap pengumpulan data sumber kepustakaan. Teknik yang dipakai peneliti dalam penelitian ini adalah a) observasi, b) dokumentasi, c) wawancara, dan d) tes. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kemampuan bercerita siswa sangat rendah, yakni 27% yaitu 4 dari 15 siswa tuntas dari KKM. Penelitian ini silakukan sebanyak 2 siklus yaitu pada siklus I terjadi peningkatan ketuntasan menjadi 47%, yaitu 7 siswa tuntas siatas KKM dan siklus II meningkat menjadi 87%, yaitu 13 siswa tuntas KKM. Media kartu bergambar mendorong peningkatan inspirasi dan motivasi peserta didik yang mengarah pada peningkatan ketrampilan berpikir kritis, khususnya dalam kemampuan komunikasi setiap peserta didik.</p> <p><strong><em>Kata kunci: Kemampuan bertcerita, media, kartu bergambar.</em></strong></p> Linda Maya Sari, Hendro T.G Samosir ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2227 Fri, 29 Dec 2023 00:00:00 +0700 TREN PENELITIAN PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR BERDASARKAN DATABASE SCOPUS DARI TAHUN 2013 HINGGA 2022: ANALISIS BIBLIOMETRIK http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2382 <p>Penelitian secara umum bertujuan untuk mengetahui peta perkembangan publikasi berdasarkan kata kunci (co-word) Bidang pembelajaran IPS. Pengumpulan data dengan cara melakukan penelusuran melalui <em>scopus</em> dengan kata kunci <em>learning, social education, </em>dan<em> primary&nbsp;school</em> dengan katagori, judul artikel, abstrak, dan kata kunci, dalam kurun waktu 2013-2022. Data berupa jumlah publikasi pertahun, jurnal yang memuat artikel bidang pembelajaran, penulis, asal penulis dan subjek dianalisis menggunakan <em>Microsoft Excel</em>. Sedangkan untuk tren perkembangan publikasi internasional bidang pembelajaran sosial dianalisis dengan menggunakan <em>Sof</em><em>tware</em> <em>VosViewer</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan pertumbuhan bidang ilmu pembelajaran IPS tahun 2013-2022 yang terindeks di <em>s</em>c<em>opus</em> tertinggi terjadi pada tahun 2022, mencapai 103 publikasi (14,94 %). Publikasi internasional bidang pembelajarn sosial terbanyak dipublikasikan pada jurnal Social Work Education. Universiti Teknologi Malaysia merupakan lembaga yang paling banyak mempublikasikan penelitian bidang pembelajaran sosial dan Amerika Serikat merupakan kontributor terbanyak.&nbsp; Al-Rahmi W.M., Oktavia T. dan Othman, M.S. merupakan penulis yang terproduktif di bidang IPS. Peta perkembangan penelitian IPS berdasarkan <em>co-word</em> ditemukan 8 kluster yang terdiri dari 88 tema terkait perkembangan penelitian bidang pembelajaran IPS</p> Umar Umar, Mei Indra Jayanti, Abdussahid Abdussahid, Ade Rahman ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2382 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0700 PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2498 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang pada siswa kelas V SDN 1 Dena tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK (penelitian tindak kelas). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, karena data yang diperoleh berupa angka. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat kompetensi setiap siklusnya yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Dena yang terletak di Desa Dena Kecamatan Madapangga Kabupaten Bima dan penelitian ini dilaksanakan selama 2 minggu yaitu mulai tanggal 27 mei sampai dengan tanggal 3 juni 2023. Subjek penelitian ini adalah kelas V yang terdiri dari 18 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes dan observasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran Berdiferensiasi dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Dena. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai evaluasi siswa pada siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata siswa sebesar 72,609 pada siklus I kemudian meningkat menjadi 82,498 pada siklus II. Peningkatan skor rata-rata dari siklus I dan siklus II sebesar 9,889. Karena telah mencapai presentase ketuntasan yaitu 94% siswa memperoleh nilai lebih atau sama dengan KKM (70), maka penelitian ini dinyatakan berhasil.</p> Dewi Sartika, Syarifuddin Syarifuddin, Rika Silvia, Syarifuddin Syarifuddin ##submission.copyrightStatement## http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/eL-Muhbib/article/view/2498 Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0700