PERAN GURU DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ASMA’UL HUSNA MELALUI METODE DRILL (LATIHAN) PADA SISWA KELAS II MIS TANGGA BARU

  • Jubaidah Jubaidah IAI Muhammadiyah Bima
Keywords: Peran Guru, Asma'ul Husna, Metode Drill

Abstract

Proses pembelajaran melibatkan proses kognitif yang dimana
segala macam belajar melibatkan ingatan. Sangat penting bagi
siswa untuk mempelajari dan memahami asma’ul husna, karena
itu salah satu untuk menumbuhkan budi pekerti kepada siswa.
Disekolah masdrasah ibtidaiyah swasta tangga baru kelas II, pada
pemebelajaran asma’ul husna, masih banyak siswa yang belum
mampu menghafal dan mengenal asma’ul husna. Metode drill
(latihan) merupakan cara mengajar dimana siswa melaksanakan
kegiatan-kegiatan latihan agar siswa memiliki ketangkasan atau
keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang telah dipelajari.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dimana
penelitian ini tidak menggunakan statistik dalam pengelolaan dan
analisis data. Yang menjadi subyek dalam penelitia ini siswa
kelas II MIS Tangga Baru pengumpulan datanya dilakukan
dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi, untuk mendapatkan data yang akurat, objektif dan
konkrit. Hasil penelitian ini menjukan bahwa, dengan
menggunakan metode drill (latihan) ini dapat meningkatkan
kemampuan menghafal siswa, dan perhatian siswa lebih fokus
ketika menghafal. Adapun penerapan metode drill (latihan)
sebgai berikut: 1) menjelaskan materi yang akan di ajarkan 2)
memberikan contoh bagaimana cara menghafal kepada siswa dan
siswa menghafal asma’ul husna bersama-sama 3) melihat ataau
mengamati hambatan yang dialami oleh siswa 4) siswa yang
belum mampu menghafal diberikan bimbingan atau latihan
secara berulang agar siswa dapat dengaan mmudah mengingat
apa yang dia hafal. Dapat dilihat bahawa metode ini dapat
meningkatkan kemampuan menghafal siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-02
How to Cite
Jubaidah, J. (2020, December 2). PERAN GURU DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHAFAL ASMA’UL HUSNA MELALUI METODE DRILL (LATIHAN) PADA SISWA KELAS II MIS TANGGA BARU. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 209-223. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.585
Section
Articles