STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK PADA PELAJARAN IPA MELALUI MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SDN DORIDUNGGA KECAMATAN DONGGO

  • Dewi Masita IAI Muhammadiyah Bima
  • Nia Daniati IAI Muhammadiyah Bima
Keywords: Strategi Guru, Pelajaran IPA, Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya menerapkan metode
yang digunakan yaitu metode Mind Mapping sebagai alat bantu
untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak pada saat proses
pembelajaran yang sedang berlangsung guna mengatasi dari
siswa yang berkesulitan konsentrasi belajarnya. Merujuk pada
masalah yang terjadi pada siswa, sebagian siswa tidak serius dan
tidak fokus apa yang dijelaskan oleh guru selama proses
pembelajaran yang berlangsung, sulit diatur, menguap didalam
kelas, menganggu teman – teman sebangkunya. Adapun Jenis
penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif,
penelitian ini dilakukan secara kolaborasi antara peneliti dan guru
kelas, Peneliti melakukan penelitian di SDN Doridungga
Kecamatan Donggo Kabupaten Bima. metode pengumpulan data
yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi.
Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara yang
digunakan untuk mengetahui peningkatan konsentrasi belajar
siswa, dan pedoman observasi yang digunakan untuk
mengamati siswa dan guru dalam pelaksanaan pembelajaran
IPA dengan melalui metode Mind Mapping. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pembelajaran melalui metode Mind
Mapping dapat cocok diterapkan di SDN Doridunnga Kecamatan
Donggo Kabupaten Bima guna meningkatkan konsentrasi
Belajar anak pada pelajaran IPA pada siswa kelas V SDN
Doridungga Kecamatan Donggo.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-01
How to Cite
Masita, D., & Daniati, N. (2020, December 1). STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK PADA PELAJARAN IPA MELALUI MIND MAPPING PADA SISWA KELAS V SDN DORIDUNGGA KECAMATAN DONGGO. EL-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 181-193. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.566
Section
Articles