IMPLIKASI MATERI BAHASA INDONESIA DALAM BUKU TEMATIK TERHADAP PERKEMBANGAN PENGETAHUAN SISWA SD/MI KELAS IV

  • Syahru Ramadhan IAI Muhammadiyah Bima
Keywords: Bahasa Indonesia, Tematik, Pengetahuan Siswa

Abstract

Penerapan Kurikulum 2013 sangat berdampak secara signifikan
pada proses pembelajar yang terdapat pada tiap-tiap sekolah
khususnya pada tingkat SD/MI. Hal ini mengharuskan pihakpihak

yang terkait secara langsung dalam proses pembelajaran
dalam ini adalah guru untuk memahami orientasi pada kurikulum
2013, sehingga dapat diaktualisasikan dengan baik dan benar
sesuai dengan tujuannya. Dalam pembelajaran buku tematik kelas
IV SD/MI terdapat beberapa disiplin ilmu pengetahuan yakni,
Pendidikan Agama Islam, Matematika, Bahasa Indonesia, IPA,
IPS, SBDB, PJOK. Agar siswa lebih memahami tentang materimateri

yang diajarkan oleh guru diatas, maka seorang pendidik
(guru) pada proses pembelajaran dalam buku tematik harus
melibatkan siswa secara langsung dengan materi-materi dan
lingkungan sekitarnya secara kontekstual, supaya siswa lebih
aktif dan kreatif. Adapun materi bahasa indonesia dalam buku
tematik SD/MI kelas IV tidak dibahas secara lugas dan jelas
seperti yang terdapat dalam buku ajar KTSP, sehingga
berdampak pada perkembangan pengetahuan siswa yakni siswa
tidak memiliki pengetahuan tentang penulisan huruf besar dan
huruf kecil, kalimat baku dan kalimat tidak baku, menulis ide
pokok dalam paragraf, tanda petik, cara membaca simbol atau
lambang. Untuk mengatasi hal tersebut, maka pihak sekolah
mewajibkan siswa untuk mengikuti proses pembelajaran
tambahan atau les, supaya siswa memperoleh pengetahuan serta
pemahaman tentang materi-materi bahasa indonesia yang tidak
ada dalam buku tematik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-01
How to Cite
Ramadhan, S. (2020, December 1). IMPLIKASI MATERI BAHASA INDONESIA DALAM BUKU TEMATIK TERHADAP PERKEMBANGAN PENGETAHUAN SISWA SD/MI KELAS IV. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 144-161. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.561
Section
Articles