KONSEP HIGHER ORDER OF THINKING SKILL (HOTS) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD/MI

  • Syudirman Syudirman UIN Mataram
  • Angga Saputra Institut Agama Islam Qomarul Huda
Keywords: HOTS, Pembelajaran, Tematik, SD/MI

Abstract

Salah satu elemen transformasi kurikulum 2013 di tingkat sekolah dasar adalah penguatan proses pembelajaran dan penerapan tematik terintegrasi dengan menggunakan pendekatan saintifik dan mengakrabkan pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) bagi peserta didik. Maka dalam hasil penelitian ini menemukan ada lima poin penting dalam mengintegrasikan konsep Higher Order Of Thinking Skill (HOTS) pada pembelajaran tematik di SD/MI yaitu dalam 5M; a) Mengitegrasikan HOTS kedalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), b) Mengitegrasikan HOTS kedalam model-model pembelajaran tematik, c) Mengitegrasikan HOTS kedalam pengembangan berbagai media pembelajaran, d) Mengitegrasikan HOTS kedalam tema atau subtema, dan e) Mengitegrasikan HOTS kedalam instrumen penilaian.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-30
How to Cite
Syudirman, S., & Saputra, A. (2020, December 30). KONSEP HIGHER ORDER OF THINKING SKILL (HOTS) PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD/MI. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 133-143. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.557
Section
Articles