PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL PENINGGALAN SEJARAH MASA HINDU, BUDHA DAN ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE AND MATCH PADA SISWA KELAS V/A SEMESTER GANJIL MIN 20 ACEH TIMUR

  • Rasyiah Rasyiah Madrasah Ibtidaiyah Negeri 20 Aceh Timur
Keywords: Kemampuan, Tipe Make and Match, Pelajaran IPS

Abstract

Pemahaman materi peningkatan kemampuan mengenal
peninggalan sejarah masa hindu, budha dan islam dengan
menggunakan model pembelajaran Kooperative Tipe make a
match siswa kelas V/A MIN 20 Aceh Timur masih rendah
disebabkan teknik pembelajaran konvensional yang digunakan
guru. Penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
Make and Match bertujuan mengetahui hasil belajar siswa dan
aktivitas siswa terhadap tipe Make and Match. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilakukan dengan tiga tahap, yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus
II. Setiap siklusnya dilakukan dengan empat langkah, yaitu
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data
dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Berdasarkan hasil
pengolahan data diketahui bahwa pemahaman siswa kelas V/A
materi peningkatan kemampuan mengenal peninggalan sejarah
masa hindu, budha dan islam setelah mengikuti pembelajaran
kooperatif tipe Make and Match mengalami peningkatan. Hal ini
terlihat pada peningkatan ketuntasan belajar siswa. Pada pra siklus,
siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 14,70% (5
siswa) dan yang belum tuntas sebanyak 85,29% (29 siswa)
sedangkan pada akhir siklus II yang tuntas sebanyak 88,23% (30
siswa) dan yang belum tuntas sebanyak 11,76% (4 siswa). Nilai
rata-rata juga meningkat. Perolehan nilai rata-rata pra siklus 60,73
dan pada akhir siklus II menjadi 75,73. Perolehan nilai rata-rata
tersebut telah berada pada rentang 75-84 berdasarkan kriteria
penilaian. Dengan kata lain, siswa kelas V/A telah memiliki
pemahaman dan hasil belajar yang baik dalam materi peningkatan
kemampuan mengenal peninggalan sejarah masa hindu, budha dan
islam dengan tipe Make and Match.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-30
How to Cite
Rasyiah, R. (2020, December 30). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL PENINGGALAN SEJARAH MASA HINDU, BUDHA DAN ISLAM DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE AND MATCH PADA SISWA KELAS V/A SEMESTER GANJIL MIN 20 ACEH TIMUR. EL-Muhbib: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 4(2), 113-132. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v4i2.539
Section
Articles