KEGIATAN TINDAK LANJUT DALAM PENGEMBANGAN ASESMEN PEMBELAJARAN DI MI

  • Yuliananingsih Yuliananingsih Magister PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Tindak Lanjut, asesmen, Pembelajaran

Abstract

Penilaian seharusnya memiliki kesejejaran dengan tujuan dan
materi kurikulum. Oleh karna itu, dalam upaya untuk
meningkatkan semangat peserta didik harus ada kesejajaran
antara standar (kompetensi), isi/konten (materi/kurikulum),
penilaian, dan trategi pembelajaran. Makna kesejajaran
ditunjukan bahwa antara standar, materi, penilaian dan strategi
pembelajarab benar-benar dapat saling melengkapi. Penilaian
bukan hanya sebagai bagian dari suatu kegiatan belajar, tetapi
penilain juga untuk meningkatkan pembelajaran. Slain itu,
penilaian berfungsi untuk memajukan pesrta didik dalam belajar.
Oleh karena itu pembelajaran yang sepenuhnya mengacu kepada
pengujian justru tidak akan memberi nilai positif bagi kemajuan
peserta didik. Mengingat kecepatan setiap peserta didik dalam
pencapaian kompetensi tidak sama, maka dalam pembelajaran
terjadi perbedaan kecepatan belajar antara peserta didik yang
pandai, dengan yang kurang pandai. Sementara pembelajaran
berbasis kompetensi mengharuskan pencapaian ketuntasan dalam
pencapaian kompetensi untuk seluruh kompetensi dasar secara
perorangan. Implikasi dari prinsip tersebut mengharuskan guru
melakukan kegiatan tindak lanjut dengan dilaksanakannya
program remedial bagi siswa yang belum tuntas dan pengayaan
bagi siswa yang sudah tuntas. Program remedial dan pengayaan
ini nantinya sangatlah penting bagi guru untuk mengetahui
perkembangan peserta didik serta peningkatan mutu pendidikan
pada umumnya.

Author Biography

Yuliananingsih Yuliananingsih, Magister PGMI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Jurnal Prodi PGMI 

Published
2020-09-02
Section
Articles