IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VI DI MIN 1 KOTA BIMA

  • Syahru Ramadhan IAI Muhammadiyah Bima
  • Muslim Muslim IAI Muhammadiyah Bima
Keywords: Pembelajaran Tematik, Saintifik, Fiqih

Abstract

MIN 1 Kota Bima merupakan sekolah dasar (madrasah) berbasis
Islam yang menerapkan pembelajaran berdasarkan kurikulum
2013. Proses pembelajaran menggunakan paradigma baru yaitu
pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan saintifik.
Paradigma baru ini mengarahkan peserta didik untuk
memposisikan diri sebagai subyek pembelajaran, sehingga siswa
dapat terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran. Mata
pelajaran fiqih selama ini diajarkan dengan cara menuntut siswa
menghafal, sehingga hal ini sudah tidak kontektual lagi
zamannya. Pola ini juga membuat kesan bahwa guru
memposisikan siswa sebagai obyek pembelajaran yang harus
selalu diisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data
dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun sumber
informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, Wakasek
Kurikulum dan guru mata pelajaran fiqih. Sedangkan metode
analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil
temuan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran tematik dengan
menggunakan pendekatan saintifik untuk mata pelajaran fiqih
siswa kelas VI di MIN 1 Kota Bima menggunakan pendekatan
pembelajaran yang berpusat kepada siswa, menekankan pada
proses pembelajaran yang berangkat dari dalam diri siswa
sendiri. Maksudnya bahwa yang mengkonstruksi pengetahuan
adalah siswa sendiri, bukan guru yang mentransfer pengetahuan
kepada siswa. Guru disini hanya bertugas sebagai fasilitator dan
dinamisator. Kegiatan pembelajarannya menuntut siswa aktif
sehingga dapat menciptakan proses pembelajaran bermakna.

Author Biography

Syahru Ramadhan, IAI Muhammadiyah Bima

Jurnal Prodi PGMI 

Published
2020-09-02
Section
Articles