KONSEP DASAR EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH

  • Iqra Iqra IAI Muhammadiyah Bima
Keywords: Evaluasi, Belajar, Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa pada ranah kognitif, afektif dan psikomotorik materi; mengetahui perbedaaan kemampuan antara siswa yang satu dengan siswa yang lain pada setiap ranah penilaian; serta keterkaitan antara kemampuan ranah afektif dengan kemampuan ranah kognitif dan kemampuan ranah psikomotorik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Alasan menggunakan pendekatan ini karena peneliti ingin mengetahui dampak dari hasil evaluasi. Evaluasi sebagai suatu kegiatan mengumpulkan data dan informasi mengenai kemampuan belajar siswa, Evaluasi bertujuan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa dalam suatu proses pembelajaran, sekaligus untuk memahami siswa sampai sejauh mana dapat memberikan bantuan terhadap kekurangan-kekurangan siswa, Sedangkan fungsi evaluasi untuk membantu proses, kemajuan dan perkembangan hasil belajar peserta didik secara berkesinambungan, dan sekaligus dapat mengetahui kemampuan dan kelemahan siswa pada bidang studi tertentu.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-12-02
How to Cite
Iqra, I. (2018, December 2). KONSEP DASAR EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH. EL-Muhbib Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 2(2), 151-159. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/el-muhbib.v2i2.373
Section
Articles