IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB INOVATIF PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) DI JURUSAN PARIWISATA SYARIAH

  • Chabir Siraj UIN Tulungagung
  • Moh Farih Fahmi UNESA Surabaya
Keywords: Arabic Language PTMT, Panel Discussion, Shariah Tourism

Abstract

Implementasi model pembelajaran diskusi panel pada mata kuliah bahasa Arab di jurusan pariwisata Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan bagaimana hasil pembelajaran mata kuliah bahasa Arab oleh mahasiswa dengan model pembelajaran diskusi panel di mata kuliah Islam jurusan pariwisata, fakultas ekonomi dan bisnis islami UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Permasalahan utama pada penelitian ini adalah dampak dari covid-19 yang mengharuskan peserta didik untk bisa tetap belajar dan tetap bisa menjaga kesehatan. Adanya perubahan perilaku ini mendorong harus ada inovasi terkait pembelajaran yang efektif selama untuk mengatasi problem belajar mahasiswa pariwisata syariah saat belajar bahasa arab selama masa perkuliahan tatap muka terbatas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomenologis. Data primer dalam penelitian ini adalah data yang berasal dari proses pembelajaran di kelas selama periode PTM. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini berasal dari unsur lain seperti pejabat dari jurusan pariwisata syariah dan dosen yang tidak mengajar bahasa arab di jurusan pariwisata syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model diskusi panel bagi mahasiswa jurusan pariwisata selama masa tatap muka terbatas dapat dilaksanakan dengan baik dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan standar yang diinginkan oleh dosen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran selama masa PTMT bisa efektif salah satunya dengan implementasi diskusi panel di kelas.

Published
2024-03-28
How to Cite
Siraj, C., & Fahmi, M. (2024, March 28). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB INOVATIF PADA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) DI JURUSAN PARIWISATA SYARIAH. Al-Af’idah Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa Arab, 8(1), 333-347. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/al-afidah.v8i1.2629
Section
Articles